ADELLIA ESANORA, 12205173296 (2021) IMPLEMENTASI BUDAYA 5S ( Senyum,Salam,Sapa,Sopan,Santun ) UNTUK MEMBENTUK NILAI KARAKTER RELIGIUS PESERTA DIDIK DI MI WACHID HASYIM KEC. UDANAWU KAB. BLITAR. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (8MB) |
||
Text
ABSTRAK.pdf Download (3MB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (3MB) |
||
|
Text
BAB I.pdf Download (3MB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Download (3MB) |
||
|
Text
BAB III.pdf Download (3MB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (3MB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (3MB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (3MB) | Preview |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (3MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Implementasi Budaya 5S (senyum, salam, sapa, sopan, santun) untuk Membentuk Nilai Karakter Religius Peserta Didik di MI Wachid Hasyim Udanawu Blitar” ini ditulis oleh Adellia EsaNora, NIM. 12205173296, Pembimbing Dr. Khoirul Anam, M.Pd.I. Kata Kunci : Budaya 5S (senyum, salam, sapa, sopan, santun), Nilai Karakter Religius. Penelitian skripsi ini berpijak pada Budaya 5S dan Penanaman nilai karakter religius yang diterapkan di madrasah ini menjadi program unggulan dan wadah untuk menanamkan nilai karakter religius serta mengembangkan kemampuan siswa. Program budaya 5S dan penanaman nilai karakter religius ini terutama pada karakter religius Keimanan, Ibadah dan Amal ini adalah unggulan dalam bidang keagamaan dengan cara penerapannya menggunakan metode pembelajaran yang tepat untuk mengembangkan dan meningkatkan karakter religius pada peserta ddik. Penelitian ini dilaksanakan di MI Wachid Hasyim Udanawu Blitar. Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana upaya guru dalam mengimplementasikan budaya 5S untuk membentuk nilai karakter religius Keimanan peserta didik di MI Wachid Hasyim Udanawu Blitar? (2) Bagaimana upaya guru dalam mengimplementasikan budaya 5S untuk membentuk nilai karakter religius Ibadah peserta didik di MI Wachid Hasyim Udanawu Blitar? (3) Bagaimana upaya guru dalam mengimplementasikan budaya 5S untuk membentuk nilai karakter religius Amal peserta didik di MI Wachid Hasyim Udanawu Blitar? Adapun yang menjadi tujuan peneliti adalah (1) Untuk mendeskripsikan upaya guru dalam mengimplementasikan Budaya 5S untuk membentuk nilai karakter religius Keimanan peserta didik MI Wachid Hasyim Kec. Udanawu Kab.Blitar (2) Untuk mendeskripsikan upaya guru dalam mengimplementasikan Budaya 5S untuk membentuk nilai karakter religus Ibadah peserta didik di MI Wachid Hasyim Kec. Udanawu Kab.Blitar (3) Untuk mendeskripsikan upaya guru dalam mengimplementasikan Budaya 5S untuk membentuk nilai karakter religius Amal peserta didik di MI Wachid Hasyim Kec. Udanawu Kab.Blitar. Hasil dari penelitan ini adalah (1) mengimplementasikan budaya 5S untuk membentuk nilai karakter Keimanan dilaksanakan dengan kegiatan sholat berjamaah disekolah, mengikut sertakan peserta didik dalam lomba keagamaan, pembiasaan doa ketika mulai dan mengakhiri pembelajaran, pembelajaran mengenai baca tulis Al Quran, kegiatan infaq dan pemberian sumbangan kepada korban bencana alam. (2) mengimplementasikan budaya 5S untuk membentuk nilai karakter Ibadah dilaksanakan dalam berbagai kegiatan seperti mengucapkan salam ketika hendak masuk kelas, selalu mengucapkan salam sambil berjabat tangan dengan guru ketika datang dan pulang sekolah, selalu bertegur sapa dengan teman maupun guru, selalu meminta izin kepada guru apabila hendak meninggalkan kelas, bertutur kata yang sopan serta berperilaku yang baik. (3) mengimplementasikan budaya 5S untuk membentuk nilai karakter Amal dengan cara menggunakan metode pembiasaan, metode nasehat, metode perhatian, metode keteladanan.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Bimbingan dan Konseling Islam > Kepribadian Pendidikan > Pendidikan Dasar Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | S1 12205173296 ADELLIA ESANORA |
Date Deposited: | 13 Sep 2021 02:02 |
Last Modified: | 13 Sep 2021 02:02 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/22053 |
Actions (login required)
View Item |