MOHAMAD AFIFUDIN, 12201173430 (2021) KOMPETENSI PROFESIONAL GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI MTS MIFTAHUL HUDA NGUNUT TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
||
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (351kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (184kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (535kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (664kB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Download (393kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Download (686kB) |
||
Text
BAB V.pdf Download (431kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Download (108kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (228kB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Kompetensi Profesional Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada masa Pandemi Covid-19 di MTs Miftahul Huda Ngunut Tulungagung” ini ditulis oleh Mohamad Afifudin, NIM. 12201173430, Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, 2021, Pembimbing Dr. Hj. Chusnul Chotimah, M.Ag. Kata Kunci : Kompetensi Profesional, Guru, Hasil Belajar Guru Pendidikan Agama Islam yang harus memiliki kompetensi profesional dalam menguasai materi secara mendalam, media dan metode yang digunakan beraneka ragam selama pandemi Covid-19. Jika hal tersebut dikuasai oleh guru, idealnya pembelajaran akan berlangsung menarik dan tujuan pembelajaran akan tercapai. Fokus penelitian ini adalah 1) Kompetensi profesional guru Pendidikan Agama Islam dalam penguasaan materi pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada masa pandemi covid-1 9 di MTs Miftahul Huda Ngunut Tulungagung, 2) Kompetensi profesional guru Pendidikan Agama Islam dalam pemanfaatan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada masa pandemi covid-19 di MTs Miftahul Huda Ngunut Tulungagung, dan 3) Kompetensi profesional guru Pendidikan Agama Islam dalam penggunaan metode pembelajaran untuk meningkatkakn hasil belajar peserta didik pada masa pandemi covid-19 di MTs Miftahul Huda Ngunut Tulungagung. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah jenis studi kasus. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan beberapa langkah yaitu: reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan untuk mengecek keabsahan data dilakukan dengan triangulasi, ketekunan atau keajekan pengamatan, memperpanjang waktu kehadiran, dan pengecekan sejawat. Hasil penelitian adalah: 1) Kompetensi profesional guru Pendidikan Agama Islam dalam penguasaan materi pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada masa pandemi covid-19 di dilakukan melalui pendidikan dan pelatihan guru, kegiatan musyawarah mata pelajaran, dan meningkatkan pengetahuan secara mandiri dengan membaca buku-buku sumber yang berkaitan dengan materi, pengalaman mengajar di kelas, 2) Kompetensi profesional guru Pendidikan Agama Islam dalam pemanfaatan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada masa pandemi covid-19 di lakukan melalui media berbasis online. Diantaranya adalah: Whatapps, You Tube, Facebook, Google Meet, dan Google Form, dan modul mata pelajaran, 3) Kompetensi profesional guru Pendidikan Agama Islam dalam penggunaan metode pembelajaran untuk meningkatkakn hasil belajar peserta didik pada masa pandemi covid-19 di lakukan melalui metode ceramah virtual, diskusi virtual, penugasan daring, tanya jawab virtual, demonstrasi, berbasis proyek , dan hafalan secara virtual.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama Bimbingan dan Konseling Islam > Belajar Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 12201173430 MOHAMAD AFIFUDIN |
Date Deposited: | 20 Sep 2021 01:55 |
Last Modified: | 20 Sep 2021 01:55 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/22057 |
Actions (login required)
View Item |