STRATEGI DIVERSIFIKASI PRODUK KONFEKSI DALAM MENINGKATKAN OMZET PENJUALAN (Studi Kasus di Konfeksi Eva Indah Collection, Desa Botoran, Kecamatan Tulungagung, Kabupaten Tulungagung)

SISI PANGESTU, 12402173023 (2021) STRATEGI DIVERSIFIKASI PRODUK KONFEKSI DALAM MENINGKATKAN OMZET PENJUALAN (Studi Kasus di Konfeksi Eva Indah Collection, Desa Botoran, Kecamatan Tulungagung, Kabupaten Tulungagung). [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (388kB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (297kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (193kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (522kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (502kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (429kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (548kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (422kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (202kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (302kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Diversifikasi Produk Konfeksi Dalam Meningkatkan Omzet Penjualan (Studi Kasus di Konfeksi Eva Indah Collection, Desa Botoran, Kecamatan Tulungagung, Kabupaten Tulungagung)” ini ditulis oleh Sisi Pangestu, NIM. 12402173023, pembimbing Dr. Hj. Nur Aini Latifah, S.E., M.M. Penelitian ini dilatar belakangi oleh pengembangan dunia usaha menjadi salah satu peluang besar bagi para pelaku usaha khususnya dibidang tekstil mengingat perkembangan fashion berubah-ubah setiap harinya. Seperti halnya di Desa Botoran Kecamatan Tulungagung Kabupaten Tulungagung sebagian besar masyarakatnya berkecimpung pada industri konfeksi, salah satunya di Konfeksi Eva Indah Collection merupakan konfeksi yang memproduksi berbagai macam produk tidak hanya satu produk saja. Sehingga konfeksi ini mempunyai peranan penting dalam penyerapan tenaga kerja, untuk itu perlu adanya strategi pengembangan. Berdasarkan uraian diatas, maka penelitian ini difokuskan pada 5 permasalahan, yaitu: (1)Bagaimana perencanaan strategi diversifikasi produk konfeksi dalam meningkatkan omzet penjualan?, (2)Bagaimana penerapan strategi diversifikasi produk konfeksi dalam meningkatkan omzet penjualan?, (3)Bagaimana pengawasan terhadap strategi diversifikasi produk konfeksi dalam meningkatkan omzet penjualan?, (4)Bagaimana dampak yang ditimbulkan ketika menerapkan strategi diversifikasi produk konfeksi dalam meningkatkan omzet penjualan?, (5)Apa saja kendala dan solusi dalam menerapkan strategi diversifikasi produk konfeksi dalam meningkatkan omzet penjualan?. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus, dimana peneliti dapat menggali informasi dilapangan dari berbagai macam sumber data yang nantinya dapat ditarik dalam sebuah kasus. Metode yang digunakan peneliti dalam mengumpulkan data yaitu observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model interaktif Milles dan Huberman. Adapun pengecekan keabsahan data menggunakan perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan dan triangulasi. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh bahwa (1)Mengenai perencanaan Konfeksi Eva Indah membuat visi misi perusahaan, produk yang akan dibuat, targetnya siapa saja, (2)Mengenai penerapan jenis strategi diversifikasi produk yang digunakan yaitu strategi konsentris dimana produk-produk barunya ada kaitan dalam hal pemasaran yang sudah ada, (3)Mengenai pengawasan Konfeksi Eva Indah mengecek semua yang diperlukan saat produksi berlangsung, (4)Dampak positif yang ditimbulkan ketika menerapkan strategi diversifikasi produk yaitu menciptakan lapangan pekerjaan dan meningkatkan pendapatan masyarakat serta konfeksinya, (5)Adapun kendala yang sering ditemui baik internal maupun eksternal diantaranya: modal, ketersediaan bahan dan para pesaing. Mengenai solusinya pihak Konfeksi Eva Indah Collection ada beberapa sistem yang dirubah seperti modal yang awal pelunasannya sampai 1 tahun sekarang 2 sampai 4 bulan dan ketersediaan bahannya membeli kainnya sedikit dahulu. Kata Kunci: Diversifikasi Produk, Konfeksi, Omzet Penjualan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Bisnis Islam
Ekonomi > Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: 12402173023 SISI PANGESTU
Date Deposited: 13 Sep 2021 03:58
Last Modified: 13 Sep 2021 03:58
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/22062

Actions (login required)

View Item View Item