UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR AKIDAH AKHLAK DI MTs NURUL HUDA NGADIREJO BLITAR

Shova, Iva Datus (2011) UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR AKIDAH AKHLAK DI MTs NURUL HUDA NGADIREJO BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
ABSTRAK.docx

Download (18kB)
[img] Text
BAB 1.doc

Download (98kB)
[img] Text
BAB 2.doc

Download (227kB)
[img] Text
BAB 3.doc

Download (130kB)
[img] Text
BAB 4.docx

Download (132kB)
[img] Text
BAB 5.docx

Download (18kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (19kB)
[img] Text
Sampul Skripsi.doc

Download (38kB)
Official URL: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/

Abstract

Fokus Penelitian: 1. Bagaimana upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan prestasi belajar akidah akhlak di MTs Nurul Huda Ngadirejo Blitar? 2. Apa kendala/hambatan Guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan prestasi belajar akidah akhlak di MTs Nurul Huda Ngadirejo Blitar? 3. Bagaimana langkah-langkah Guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan prestasi belajar akidah akhlak di MTs Nurul Huda Ngadirejo Blitar? Metode pengumpulan data yang yang digunakan meliputi: (a) wawancara mendalam, (b) pengamtan peran serta (observasi), dan (c) studi dokumentasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, dan Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif, yaitu menganalisis dan menyajikan fakta secara sistematik sehingga dapat lebih mudah dipahami dan disimpulkan. Setelah data dianalisis,maka peneliti menghasilkan (1) Upaya guru Pendidikan agama islam dalam meningkatkan prestasi belajar akidah akhlak di MTs Nurul Huda Ngadirejo Blitar berjalan baik. Hal ini adanya upaya yang sungguh-sungguh dari kepala madrasah,guru,dan orang yang terlibat dalam pendidikan siswa. Yaitu dengan (a) terus memberikan motivasi kepada siswa, (b) memberikan jam tambahan kepada siswa (c) menciptakan suasana belajar yang baik dan kondusif, (d) adanya sarana dan prasarana yang dibutuhkan dalam belajar. Hambatan/kendala yang dihadapi guru pendidikan islam dalam meningkatkan prestasi belajar akidah akhlak adalah (a) siswa kurang memperhatikan dalam proses belajar mengajar, (b) kurangnya motivasi dari orang tua,(d) terlalu banyak bermai dalam kelas. Berkaitan dengan langkah-langkah yang ditempuh guru pendidikan agama islam dalam meningkatkan prestasi belajar akidah akhlak adalah (a) memberikan bimbingan secara intensif kepada siswa yang kurang memahami materi pelajaranya, (b) mengumpulkan wali murid/orang tua supaya memberi motivasi pada anaknya serta untuk diberi arahan betapa pentingnya pendidikan agama khususnya tentang akidah akhlak, (c) menambah jam ekstra pada sore hari atu setelah KBM selesei, (d) bekerja sama dengan siswa yang sudah menguasai materi supaya bekerja sama dengan temanya yang belum menguasai materi.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Endang Rifngati S.Sos
Date Deposited: 11 Sep 2015 03:10
Last Modified: 11 Sep 2015 03:10
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/2207

Actions (login required)

View Item View Item