PENGARUH LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS X DI MA AL-HIKMAH LANGKAPAN SRENGAT BLITAR

ERLIN NUR KHOLIFATUL HUSNA, 12201173271 (2021) PENGARUH LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS X DI MA AL-HIKMAH LANGKAPAN SRENGAT BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (528kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (390kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (450kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (695kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf

Download (641kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (849kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (232kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (196kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (208kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul Pengaruh Lingkungan Belajar terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas X MA Al-Hikmah Langkapan Srengat Blitar ini ditulis oleh Erlin Nur Kholifatul Husna NIM 12201173271, Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Institut Agama Islam Negeri Tlungagung (IAIN) Tulungagung. Dibimbing oleh Dr. H. Zaini Fasya, S.Ag, M.Pd.I. NIP. 19700408 20070 1 1029 Kata Kunci : Lingkungan Keluarga, Lingkungan Sekolah, Lingkungan Masyarakat dan Motivasi Belajar Siswa Skripsi ini dilatar belakangi oleh kenyataan bahwa motivasi belajar setiap anak tidaklah sama kuatnya, ada peserta didik yang motivasinya bersifat instriksik dan ada juga yang lebih bersifat ekstrinsik. Selain itu peserta didik yang kurang berprestasi bukan disebabkan oleh kemampuannya yang kurang, melainkan karena tidak adanya motivasi untuk belajar sehingga ia tidak berusaha mengarahkan segala kemampuannya untuk belajar. Karena itulah upaya-upaya pembinaan harus selalu dilakukan, agar generasi-generasi mendatang tidak mengalami kemerosotan. Rumusan masalah penelitian ini adalah: (1) Adakah pengaruh yang signifikan antara lingkungan keluarga terhadap motivasi belajar siswa kelas X di MA Al-Hikmah Langkapan Srengat Blitar. (2) Adakah pengaruh yang signifikan antara lingkungan sekolah terhadap motivasi belajar siswa kelas X di MA Al-Hikmah Langkapan Srengat Blitar. (3) Adakah pengaruh yang signifikan antara lingkungan masyarakat terhadap motivasi belajar siswa kelas X di MA Al-Hikmah Langkapan Srengat Blitar. (4) Adakah pengaruh yang signifikan antara lingkungan keluarga, lingkungan sekolah dan lingkungan masyarakat terhadap motivasi belajar siswa kelas X di MA Al-Hikmah Langkapan Srengat Blitar. Tujuan penelitian ini adalah : (1) Untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh yang signifikan antara lingkungan keluarga terhadap motivasi belajar siswa kelas X di MA Al-Hikmah Langkapan Srengat Blitar. (2) Untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh pengaruh yang signifikan antara lingkungan sekolah terhadap motivasi belajar siswa kelas X di MA Al-Hikmah Langkapan Srengat Blitar. (3) Untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh pengaruh yang signifikan antara lingkungan masayarakat terhadap motivasi belajar siswa kelas X di MA Al-Hikmah Langkapan Srengat Blitar. (4) Untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh pengaruh yang signifikan antara lingkungan keluarga, lingkungan sekolah dan lingkungan masyarakat terhadap motivasi belajar siswa kelas X di MA Al-Hikmah Langkapan Srengat Blitar. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Teknik sampling yang digunakan non probability sampling jenis sample jenuh Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MA Al-Hikmah Langkapan Srengat Blitar dengan jumlah 56 siswa, dengan rincian siswa kelas X A sebanyak 28 siswa dan siswa kelas X B sebanyak 28 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, angket dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah: (1) Ada pengaruh positif yang signifikan antara lingkungan keluarga terhadap motivasi belajar siswa kelas X di MA Al-Hikmah Langkapan Srengat Blitar. berdasarkan hasil H1 diterima, karena Fhitung > Ftabel 49,817 > 0,249 dan nilai signifikasi 0,000 < 0.05. (2) Ada pengaruh positif yang signifikan antara lingkungan sekolah terhadap motivasi belajar siswa kelas X di MA Al-Hikmah Langkapan Srengat Blitar. berdasarkan hasil H2 diterima, karena Fhitung > Ftabel 20.433 > 0, 249 dan nilai signifikasi 0,000 < 0.05. (3) Ada pengaruh positif yang signifikan antara lingkungan masyarakat terhadap motivasi belajar siswa kelas X di MA Al-Hikmah Langkapan Srengat Blitar. berdasarkan hasil H3 diterima, karena Fhitung > Ftabel 23.746 > 0, 249 dan nilai signifikasi 0,000 < 0.05. (4) Ada pengaruh positif yang signifikan antara lingkungan keluarga, lingkungan sekolah dan lingkungan masyarakat terhadap motivasi belajar siswa kelas X di MA Al-Hikmah Langkapan Srengat Blitar. berdasarkan hasil H4 diterima, karena Fhitung > Ftabel 98.941 > 0,359 dan nilai signifikasi 0,000 < 0.05

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Bimbingan dan Konseling Islam > Belajar
Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 12201173271 ERLIN NUR KHOLIFATUL HUSNA
Date Deposited: 13 Sep 2021 05:00
Last Modified: 13 Sep 2021 05:00
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/22086

Actions (login required)

View Item View Item