PENGARUH KREATIVITAS DALAM PEMECAHAN MASALAH TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA POKOK BAHASAN BANGUN DATAR SISWA KELAS VII SMP ISLAM GANDUSARI KAB. TRENGGALEK

Trisna, Wahyu Eka Luciana (2015) PENGARUH KREATIVITAS DALAM PEMECAHAN MASALAH TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA POKOK BAHASAN BANGUN DATAR SISWA KELAS VII SMP ISLAM GANDUSARI KAB. TRENGGALEK. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (400kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (569kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf

Download (450kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V N LAMPIRAN.pdf

Download (197kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (102kB)
[img] Text
Judul N bag Awal.pdf

Download (401kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Kreativitas dalam Pemecahan Masalah Terhadap Hasil Belajar Matematika Pokok Bahasan Bangun Datar Siswa Kelas VII Sekolah Menengah Pertama Islam Gandusari Kab. Trenggalek” ini ditulis oleh Trisna Wahyu Eka Luciana, NIM 3214113164 Jurusan Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, yang dibimbing oleh Musrikah, S.Pd.I.,M.Pd. Kata kunci: Kreativitas, Pemecahan Masalah, Hasil Belajar, dan Bangun Datar Penelitian ini dilatarbelakangi oleh berpikir kreatif yang jarang ditekankan pada pembelajaran matematika, karena selama ini model pembelajaran yang di terapkan cenderung pada pengembangan berpikir analitis dengan masalah-masalah yang rutin. Model pembelajaran yang khusus berorientasi pada pada upaya pengembangan berpikir kreatif matematis jarang ditemukan. Sedangkan orientasi pembelajaran matematika saat ini diupayakan lebih menekankan pada pengajaran ketrampilan berpikir tingkat tinggi, yaitu perpikir kritis dan berpikir kreatif. Atas dasar ini peneliti ingin mengetahui pengaruh kreativitas dalam memecahkan masalah terhadap hasil belajar siswa materi bangun datar di Sekolah Menengah Pertama Islam Gandusari dilaksanakan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana pengaruh kefasihan dalam pemecahan masalah terhadap hasil belajar matematika pokok bahasan bangun datar siswa kelas VII Sekolah Menengah Pertama Islam Gandusari Trenggalek? (2) Bagaimana pengaruh keluwesan dalam pemecahan masalah terhadap hasil belajar matematika pokok bahasan bangun datar siswa kelas VII SMP Islam Gandusari Trenggalek? (3) Bagaimana pengaruh kebaruan dalam pemecahan masalah terhadap hasil belajar matematika pokok bahasan bangun datar siswa kelas VII Sekolah Menengah Pertama Islam Gandusari Trenggalek? (4) Bagaimana pengaruh kreativitas dalam pemecahan masalah terhadap hasil belajar matematika pokok bahasan bangun datar siswa kelas VII Sekolah Menengah Pertama Islam Gandusari Trenggalek? Tujuan dalam penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui bagaimana pengaruh kefasihan dalam pemecahan masalah terhadap hasil belajar matematika pokok bahasan bangun datar siswa kelas VII SMP Islam Gandusari Trenggalek. (2) Untuk mengetahui bagaimana pengaruh keluwesan dalam pemecahan masalah terhadap hasil belajar matematika pokok bahasan bangun datar siswa kelas VII Sekolah Menengah Pertama Islam Gandusari Trenggalek. (3) Untuk mengetahui bagaimana pengaruh kebaruan dalam pemecahan masalah terhadap hasil belajar matematika pokok bahasan bangun datar siswa kelas VII Sekolah Menengah Pertama Islam Gandusari Trenggalek. (4) Untuk mengetahui bagaimana pengaruh kreativitas dalam pemecahan masalah terhadap hasil belajar matematika pokok bahasan bangun datar siswa kelas VII Sekolah Menengah Pertama Islam Gandusari Trenggalek. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian ekspos fakto. Teknik pengambilan sampel yang diambil adalah dengan menggunakan “convenian sampling” yaitu pengambilan sampel berdasarkan kecocokannya. Dalam penelitian ini digunakan metode observasi, tes, dokumentasi, dan wawancara. Observasi, dokumentasi dan wawancara digunakan untuk menggali data tentang populasi, sampel, sarana dan prasarana pendidikan dan dokumen sekolah. Sedangkan metode tes digunakan untuk mengetahui tingkat kreativitas siswa dalam memecahkan masalah dan hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan (1) untuk kefasihan nilai chi square hitung > chi square tabel yaitu 15,378 > 12,59 (dengan df 6). Sedangkan pada kolom Asymp. Sig menunjukkan angka 0,018. Hal ini berarti Asymp. Sig (0,018) < α (0,05) maka H0 di tolak. Sehingga dapat disimpulkan terdapat pengaruh antara kefasihan dalam memecahkan masalah terhadap hasil belajar siswa kelas VII SMP Islam Gandusari Trenggalek. (2) untuk keluwesan nilai chi square hitung > chi square tabel yaitu 14,353 > 12,59 (dengan df 6). Sedangkan pada kolom Asymp. Sig menunjukkan angka 0,026. Hal ini berarti Asymp. Sig (0,026) < α (0,05) maka H0 di tolak. Sehingga dapat disimpulkan terdapat pengaruh antara keluwesan dalam memecahkan masalah terhadap hasil belajar siswa kelas VII Sekolah Menengah Pertama Islam Gandusari Trenggalek. (3) untuk kebaruan menunjukkan nilai chi square hitung > chi square tabel yaitu 13,368 > 12,59 (dengan df 6). Sedangkan pada kolom Asymp. Sig menunjukkan angka 0,038. Hal ini berarti Asymp. Sig (0,038) < α (0,05) maka H0 di tolak. Sehingga dapat disimpulkan terdapat pengaruh antara kebaruan dalam memecahkan masalah terhadap hasil belajar siswa kelas VII SMP Islam Gandusari Trenggalek. (4) untuk kreativitas menunjukkan nilai chi square hitung > chi square tabel yaitu 36,533 > 12,59 (dengan df 6). Sedangkan pada kolom Asymp. Sig menunjukkan angka 0,000. Hal ini berarti Asymp. Sig (0,000) < α (0,05) maka H0 di tolak. Sehingga dapat disimpulkan terdapat pengaruh antara kreativitas dalam memecahkan masalah terhadap hasil belajar siswa kelas VII Sekolah Menengah Pertama Islam Gandusari Trenggalek.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Trisna Wahyu Eka Luciana
Date Deposited: 17 Dec 2015 02:36
Last Modified: 17 Dec 2015 02:36
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/2213

Actions (login required)

View Item View Item