PENGARUH METODE COOPERATIVE LEARNING TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN KEAKTIFAN SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMAN 1 BOYOLANGU TULUNGAGUNG

AYU WIJIATI, 12201173183 (2021) PENGARUH METODE COOPERATIVE LEARNING TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN KEAKTIFAN SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMAN 1 BOYOLANGU TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (422kB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (514kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (223kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (330kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (680kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (693kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (719kB) | Preview
[img] Text
BAB V.pdf

Download (320kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (194kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (401kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Metode Cooperative Learning tipe Numbered Head Together (NHT) Terhadap Pemahaman Konsep dan Keaktifan Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 1 Boyolangu Tulungagung” ini ditulis oleh Ayu Wijiati, NIM 12201173183, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, IAIN Tulungagung, pembimbing Dr. Muniri M.Pd. Kata Kunci : Numbered Head Together (NHT), Pemahaman Konsep, Keaktifan Karakteristik siswa yang beragam menyulitkan guru dalam menyampaikan materi pembelajaran, sehingga berdampak pada kurangnya minat dan perhatian siswa dalam pembelajaran. Kesulitan atau permasalahan tersebut seperti kurangnya pemahaman siswa terhadap materi yang dipelajari, kurangnya keaktifan siswa dalam pembelajaran, kurangnya semangat dan antusis siswa, serta tidak semua siswa dapat berpartisipasi dalam proses pembelajaran. Ada banyak metode pembelajaran yang dapat digunakan oleh guru yang bisa membuat suasana kelas lebih aktif dan tidak hanya berpusat pada guru saja. Pembelajaran yang hanya berpusat pada guru saja seperti halnya pembelajaran konvensional. Metode cooperative learning tipe Numbered Head Together (NHT) memiliki beberapa kelebihan dibandingkan dengan pembelajaran konvensional, diantaranya adalah pemberian tugas pada tiap kelompok yang akan memotivasi siswa dalam kegiatan pembelajaran dan melatih kemampuan siswa dalam memecahkan masalah dan bekerja sama dalam kelompoknya. Metode ini diharapkan mampu meningkatkan pemahaman konsep siswa akan materi yang dipelajari dan juga siswa akan lebih aktif dalam pembelajaran. Rumusan masalah pada penelitian yaitu: 1) Adakah pengaruh metode cooperative learning tipe Numbered Head Together (NHT) terhadap pemahaman konsep siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 1 Boyolangu Tulungagung? 2) Adakah pengaruh metode cooperative learning tipe Numbered Head Together (NHT) terhadap keaktifan siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 1 Boyolangu Tulungagung? 3) Adakah pengaruh metode cooperative learning tipe Numbered Head Together (NHT) terhadap pemahaman konsep dan keaktifan siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 1 Boyolangu Tulungagung? Tujuan dari penelitian yaitu: 1) Mengetahui pengaruh metode cooperative learning tipe Numbered Head Together (NHT) terhadap pemahaman konsep siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 1 Boyolangu Tulungagung, 2) Mengetahui pengaruh metode cooperative learning tipe Numbered Head Together (NHT) terhadap keaktifan siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 1 Boyolangu Tulungagung, 3) Mengetahui pengaruh metode cooperative learning tipe Numbered Head Together (NHT) terhadap pemahaman konsep dan keaktifan siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 1 Boyolangu Tulungagung. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Eksperimen dengan bentuk Non Randomized Pretest-Posttest Control Group Design. Penelitian ini melibatkan dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Penelitian menggunakan dua variabel, yaitu variable independent dan variabel dependent. Variabel independent (bebas) berupa metode cooperative learning tipe Numbered Head Together (NHT) dan variabel dependen (terikat) berupa pemahaman konsep dan keaktifan siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI di SMAN 1 Boyolangu Tulungagung. Sampel yang digunakan adalah kelas XI dengan jumlah 72 siswa yang terdiri 24 siswa laki-laki dan 48 siswa perempuan. Teknik sampling yang digunakan peneliti adalah Non Probability Sampling. Non Probability Sampling adalah teknik yang tidak memberi peluang atau kesempatan yang sama bagi setiap unsur atau anggota populasi untu dipilih menjadi sampel. Analisis data awal menggunkan uji validitas, uji reliabilitas, sedangkan analisis data akhir menggunakan uji homogenitas, uji normalitas, dan uji hipotesis. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, angket dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Ada pengaruh metode cooperative learning tipe Numbered Head Togeteher (NHT) terhadap pemahaman konsep tentang berkompetisi dalam kebaikan, taat pada aturan dan bekerja keras pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 1 Boyolangu Tulungagung. Hal ini ditunjukkan dari nilai sig. (2-tailed) pada uji hipotesis lebih kecil dari 0,05 yaitu 0,000 < 0,05 yang berarti H1 diterima dan H0 ditolak, 2) Ada pengaruh metode cooperative learning tipe Numbered Head Togeteher (NHT) terhadap keaktifan siswa pada mata mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 1 Boyolangu Tulungagung. Hal ini ditunjukkan dari nilai sig. (2-tailed) pada uji hipotesis lebih kecil dari 0,05 yaitu 0,000 < 0,05 yang berarti H1 diterima dan H0 ditolak, dan 3) Ada pengaruh metode cooperative learning tipe Numbered Head Togeteher (NHT) terhadap pemahaman konsep tentang berkompetisi dalam kebaikan, taat pada aturan, bekerja keras, dan terhadap keaktifan siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 1 Boyolangu Tulungagung. Hal ini ditunjukkan dari nilai sig. (2-tailed) pada uji hipotesis lebih kecil dari 0,05 yaitu 0,000 < 0,05 yang berarti H1 diterima dan H0 ditolak.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Wijiati Ayu
Date Deposited: 14 Sep 2021 01:04
Last Modified: 12 Nov 2021 04:33
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/22137

Actions (login required)

View Item View Item