AKURASI SURVEI DALAM PROSES PENENTUAN CALON NASABAH PEMBIAYAAN MURABAHAH DITINJAU DARI PRINSIP 5C (Studi Kasus pada Bank Syariah Indonesia KK Tulungagung Trade Center)

LINDA KARNIA FEBRIANTI, 12401173141 (2021) AKURASI SURVEI DALAM PROSES PENENTUAN CALON NASABAH PEMBIAYAAN MURABAHAH DITINJAU DARI PRINSIP 5C (Studi Kasus pada Bank Syariah Indonesia KK Tulungagung Trade Center). [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (633kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (515kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (614kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (146kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (258kB)

Abstract

ABSTRAK Linda Karnia Febrianti, 12401173141, Akurasi Survei Dalam Proses Penentuan Calon Nasabah Pembiayaan Murabahah Ditinjau dari Prinsip 5C (Studi Kasus pada Bank Syariah Indonesia KK Tulungagung Trade Center), Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, 2021, Pembimbing: Dr. Zulfatun Ni’mah, SHI, M.Hum Kata Kunci: Akurasi Survei, Pembiayaan Murabahah, Prinsip 5C Di Bank Syariah Indonesia KK Tulungagung Trade Center (Ex BRI Syariah KCP Tulungagung) dalam proses pemberian pembiayaan sering dijumpai adanya beberapa nasabah yang mengalami pembiayaan bermasalah seperti kredit macet. Untuk itu, perlu diteliti proses survei yang digunakan sebagai dasar penentuan nasabah dengan menggunakan analisis 5C, sehingga risiko kegagalan atau kemacetan dalam pelunasan dapat dihindari. Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana praktik survei untuk menentukan calon nasabah pembiayaan murabahah di Bank Syariah Indonesia KK Tulungagung Trade Center (Ex BRISyariah Kantor Cabang Pembantu Tulungagung)? 2) Bagaimana akurasi survei untuk menentukan calon nasabah pembiayaan murabahah di Bank Syariah Indonesia KK Tulungagung Trade Center (Ex BRISyariah Kantor Cabang Pembantu Tulungagung) ditinjau dari prinsip 5C?. Dalam penelitian ini digunakan metode penelitian kualitatif dan jenis penelitian lapangan. Data primer diperoleh dengan cara wawancara dengan pimpinan cabang, dan bagian micro relationship manager Bank Syariah Indonesia KK Tulungagung Trade Center, serta nasabah pembiayaan murabahah. Adapun data sekunder diperoleh dengan teknik dokumentasi terhadap berkas perbankan, buku-buku dan jurnal tentang murabahah dan survei. Teknik analisis dalam penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Survei penentuan calon nasabah pembiayaan dengan akad murabahah di Bank Syariah Indonesia KK Tulungagung Trade Center dipraktikkan dengan cara menggali informasi karakter nasabah itu sendiri, adakalanya juga melalui tetangga, anggota keluarga, dan juga lingkungan sekitar nasabah, memeriksa laporan keuangan, dan rekening koran, memeriksa usaha atau slip gaji, memastikan bahwa jaminan yang diajukan adalah milik calon nasabah sendiri, dan memeriksa usaha langsung ke lokasi dengan memperhatikan arus keluar masuk barang. 2) Ditinjau dari Prinsip 5C (character, capacity, capital, collateral, dan condition), survei penentuan calon nasabah pembiayaan yang dilakukan oleh Bank Syariah Indonesia KK Tulungagung Trade Center dapat dikatakan sudah cukup akurat. Hal tersebut dibuktikan dengan adanya penurunan resiko pembiayaan bermasalah atau non performing financial (NPF) yaitu sebesar 3,24%. Angka tersebut merupakan pencapaian nyata bahwa praktik survei yang dilakukan sudah lebih baik.Walaupun masih ada kekurangan di beberapa aspek, seperti pada aspek penilaian character nasabah.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: S1 12401173141 Linda Karnia Febrianti
Date Deposited: 15 Sep 2021 05:14
Last Modified: 15 Sep 2021 05:14
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/22202

Actions (login required)

View Item View Item