STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBENTUK KARAKTER RELIGIUS PADA PESERTA DIDIK DI MI RAHMAT SA’ID BONGKOT PETERONGAN JOMBANG

M. QOMARUDIN, 12201173068 (2021) STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBENTUK KARAKTER RELIGIUS PADA PESERTA DIDIK DI MI RAHMAT SA’ID BONGKOT PETERONGAN JOMBANG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (358kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (230kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (442kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (614kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (263kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (308kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (405kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (233kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (297kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian dengan judul “Strategi Guru dalam Membentuk Karakter Religius pada Peserta Didik di MI Rahmat Sa’id Bongkot Peterongan Jombang” ini ditulis oleh M. Qomarudin, NIM. 12201173068, dosen pembimbing Tajuddin, S.Ag., M. Pd. I. Kata Kunci: Strategi Guru, Membentuk Karakter Religius Dampak globalisasi yang terjadi saat ini membawa masyarakat Indonesia melupakan pendidikan karakter bangsa. pendidikan karakter merupakan suatu pondasi bangsa yang sangat penting dan perlu ditanamkan sejak dini kepada anak anak. pendidikan di Indonesia dinilai belum mendorong pembangunan karakter bangsa. pendidikan adalah untuk membina kepribadian dan pembentukan karakter kepada generasi muda sebagai penerus bangsa. Zaman sekarang banyak anak kecil yang sudah memiliki handpone, mereka bisa mengakses dunia luar dengan mudah. Banyak pengaruh negatif yang masuk pada peserta didik jika mereka tidak diawasi. Guru diharapkan mampu menggunakan strategi yang baik dan dapat memperoleh hasil maksimal yang bertujuan untuk membentuk karakter siswa berkepribadian yang baik. Fokus penelitian ini adalah (1) Bagaimana perencanaan strategi guru PAI dalam membentuk karakter religius pada peserta didik di MI Rahmat Sa’id Bongkot? (2) Bagaimana pelaksanaan strategi guru PAI dalam membentuk karakter religius pada peserta didik di MI Rahmat Sa’id Bongkot? (3) Bagaimana evaluasi strategi guru PAI dalam membentuk karakter religius pada peserta didik di MI Rahmat Sa’id Bongkot? Adapun menjadi tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan perencanaan strategi Guru PAI dalam membentuk karakter Religius pada peserta didik di MI Rahmat Sa’id Bongkot (2) Untuk mendeskripsikan pelaksanaan strategi Guru PAI dalam membentuk karakter Religius pada peserta didik di MI Rahmat Sa’id Bongkot (3) Untuk mendeskripsikan evalusi strategi Guru PAI dalam membentuk karakter Religius pada peserta didik di MI Rahmat Sa’id Bongkot. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, lokasi penelitiannya di MI Rahmat Sa’id Bongkot Peterongan Jombang, sumber datanya di dapat melalui tiga unsur yaitu person, place dan paper, metode pengumpulan datanya menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. ganalisis datanya menggunakan teknik analisis non statistik atau analisis deskriptif kualitatif, sedangkan pengecekan keabsahan datanya menggunakan triangulasi, pembahasan teman sejawat, dan perpanjangan penelitian.Hasil penelitian : (1) perencanaan guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan religiusitas siswa adalah dengan melakukan penyusunan RPP, (2) pelaksanaan guru PAI dalam meningkatkan religiusitas siswa dalam hal aqidah adalah membiasakan berdo’a sebelum dan sesudah pelajaran; kegiatan istighosah dan do’a bersama dan ditambah lagi dengan kegiatan MADIN (madrasah diniyah), pelaksanaan guru PAI dalam meningkatkan religiusitas siswa dalam hal ibadah adalah kegiatan shalat dhuha dan shalat duhur berjama’ah; kegiatan zakat fitrah; kegiatan qurban, pelaksanaan guru PAI dalam meningkatkan religiusitas siswa adalah dalam hal akhlak memberikan motivasi; memperingati PHBI, pelaksanaan guru PAI dalam meningkatkan religiusitas siswa adalah dalam hal pengembangan potensi peserta didik dalam kegiatan ekstrakulikuler seperti; banjari, qiro’ah dan penulisan kaligrafi (3) evaluasi guru PAI dalam meningkatkan religiusitas siswa dilakukan dengan penekanan pada dua aspek yaitu proses pembelajaran dan hasil belajar peserta didik.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 12201173068 M. QOMARUDIN
Date Deposited: 15 Sep 2021 04:37
Last Modified: 15 Sep 2021 04:37
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/22205

Actions (login required)

View Item View Item