IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN ONLINE (E-LEARNING) DALAM MENUMBUHKAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS 5 DI MI ROUDLOTUL ULUM JABALSARI SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG

ANGGITA DEA RISKIANA, 12205173034 (2021) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN ONLINE (E-LEARNING) DALAM MENUMBUHKAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS 5 DI MI ROUDLOTUL ULUM JABALSARI SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (514kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (120kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (57kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf

Download (253kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (216kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (173kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (150kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (279kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (52kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (118kB)

Abstract

Skripsi dengan judul "Implementasi Pembelajaran Online (E-learning) dalam Menumbuhkan Minat Belajar Peserta Didik Kelas 5 di MI Roudlotul Ulum Jabalsari Sumbergempol Tulungagung" ini di tulis oleh Anggita Dea Riskiana, NIM. 12205173034, pembimbing Drs, H. Timbul, M.Pd.I Kata Kunci: Implementasi Pembelajaran Online (E-learning), Minat Belajar Penelitian ini dilatar belakangi oleh pembelajaran online di masa pandemi covid-19. Pembelajaran online (e-learning) merupakan pembelajaran jarak jauh yang memanfaatkan perangkat elektronik yang dapat tersambung dengan internet. Pembelajaran online (e-learning) merupakan terobosan yang luar biasa dalam dunia pendidikan, karena menjanjikan efisiensi, kecepatan penyampaian informasi, jangkauan yang global, serta fleksibel dalam penggunaanya. Penelitian ini menggambarkan implementasi pembelajaran online (e-learning) dalam menumbuhkan minat belajar peserta didik kelas 5 di MI Roudlotul Ulum Jabalsari Sumbergempol Tulungagung. Fokus penelitian ini (1) Implementasi pembelajaran online (e-learning) dalam menumbuhkan minat mengikuti pembelajaran peserta didik kelas 5 di MI Roudlotul Ulum Jabalsari Sumbergempol Tulungagung (2) Implementasi pembelajaran online (e-learning) dalam menumbuhkan minat bertanya peserta didik kelas 5 di MI Roudlotul Ulum jabalsari Sumbergempol Tulungagung (3) Implementasi pembelajaran online (e-learning) dalam menumbuhkan minat mengerjakan tugas peserta didik kelas 5 di MI Roudlotul Ulum Jabalsari sumbergempol Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Paparan data dan analisis data dilakukan melalui reduksi data, penyajian data dan verifikasi (penarikan kesimpulan). Pengecekan keabsahan data dilakukan melalui triangulasi, perpanjangan waktu penelitian dan pemeriksaan teman sejawat. Hasil penelitian yang dilakukan di MI Roudlotul Ulum Jabalsari Sumbergempol Tulungagunng menunjukkan bahwa (1) Implementasi pembelajaran online (e-learning) berlangsung menggunakan perangkat elektronik berupa handphone android yang dapat tersambung dengan internet. Proses belajar melalui aplikasi Whatsapp dengan mengirimkan video ketika guru mengajar atau video animasi dari Youtube, pembagian kuota gratis serta dengan kerja sama orang tua yang mendampingi belajar peserta didik dari rumah. (2) Implementasi pembelajaran online (e-learning) berlangsung melalui perangkat elektronik berupa handphone android yang dapat tersambung dengan internet. Proses belajar melalui aplikasi Whatsapp dengan guru mengirimkan pesan audio, video pembelajaran, melakukan panggilan video, memfasilitasi peserta didik untuk bertanya serta adanya kerja samaorang tua wali murid sebagai motivator. (3) Implementasi pembelajaran online (e-learning) berlangsung menggunakan perangkat elektronik berupa handphone android yang dapat tersambung dengan internet. Proses belajar melalui aplikasi Whatsapp dengan guru melakukan panggilan video bersama peserta didik, guru memberikan tugas menarik misalnya membuat video menyanyi, video memasak ataupun wawancara. Guru juga meminta peserta didik mengirimkan foto kegiatan pembelajaran sebagai bukti bahwa dirinya mengerjakan tugas, serta guru memberikan penghargaan kepada peserta didik yang menyelesaikan tugas.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Daring
Pendidikan > Motivasi Belajar
Pendidikan > Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 12205173034 Anggita Dea Riskiana
Date Deposited: 17 Sep 2021 02:30
Last Modified: 04 Nov 2021 03:14
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/22257

Actions (login required)

View Item View Item