RUSIDA, HILDA (2015) ANALISIS PROSES BERPIKIR SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA MATERI LINGKARAN DI MTsN SUMBERJO SANANKULON BLITAR TAHUN AJARAN 2014/2015. [ Skripsi ]
Text
Halaman Awal.pdf Download (695kB) |
||
|
Text
BAB I.pdf Download (379kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (515kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (132kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (713kB) | Preview |
|
Text
BAB V.pdf Download (12kB) |
||
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (13kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Analisis Proses Berpikir Siswa Dalam Memecahkan Masalah Matematika Materi Lingkaran Di MTsN Sumberjo Sanankulon Blitar Tahun Ajaran 2014/2015” ini ditulis oleh Hilda Rusida dibimbing oleh Dr. Muniri, M.Pd. Kata Kunci : Berpikir, Proses berpikir Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh adanya tahap proses berpikir yang tidak dipenuhi oleh beberapa siswa dalam memecahkan masalah matematika. Oleh karena itu peneliti menganalisis proses berpikir siswa yang memiliki tiga tahap, yaitu pembentukan pengertian, pembentukan pendapat, dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini dilaksanakan di Madrasah Tsanawiyah Negeri Sumberjo Sanankulon Blitar. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah (1) bagaimana proses berpikir siswa kemampuan tinggi dalam memecahkan masalah lingkaran? (2) bagaimana proses berpikir siswa kemampuan sedang dalam memecahkan masalah lingkaran? (3) bagaimana proses berpikir siswa kemampuan rendah dalam memecahkan masalah lingkaran? Adapun yang menjadi tujuan penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah (1) untuk mengetahui bagaimana proses berpikir siswa kemampuan tinggi dalam memecahkan masalah lingkaran? (2) untuk mengetahui bagaimana proses berpikir siswa kemampuan sedang dalam memecahkan masalah lingkaran? (3) untuk mengetahui bagaimana proses berpikir siswa kemampuan rendah dalam memecahkan masalah lingkaran? Manfaat Teoritis dari penelitian ini diharapkan dapat memberikan gambaran tentang proses berpikir siswa dalam memecahkan masalah matematika utamanya dalam materi lingkaran. Sehingga guru matematika mampu memberikan perlakuan yang sesuai dengan cara berpikir masing-masing peserta didiknya. Sedangkan manfaat Praktis bagi peneliti adalah dapat memberikan pengalaman bagi peneliti yang nantinya dapat dipergunakan di masa depan ketika peneliti menghadapi peserta didiknya. Bagi sekolah dapat memberikan masukan demi kemajuan dalam semua mata pelajaran di sekolah tersebut khususnya untuk mata pelajaran matematika. Dan bagi guru mata pelajaran, dengan mengetahui bagaimana proses berpikir masing-masing peserta didik, diharapkan guru mata pelajaran khususnya matematika dapat menyampaikan materi dengan model pembelajaran yang sesuai. Sehingga akhirnya semua materi dapat tersampaikan dengan baik. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dan menggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan metode tes, wawancara, observasi dan dokumentasi. Untuk menganalisis proses berpikir siswa dalam memcahkan masalah pada materi lingkaran, peneliti membuat instrument penelitian dan memvalidasinya dulu. Selanjutnya melakukan observasi saat pembelajaran dikelas. Melaksanakan tes dan wawancara dengan tiga siswa kemudian menganalisis hasilnya. Analisis data dilakukan dengan cara (1) mereduksi data, (2) menyajikan data, dan (3) menyimpulkan data. xvii Dalam hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) Siswa berkemampuan akademik tinggi memenuhi ketiga tahap proses berpikir, yaitu pembentukan pengertian, pembentukan pendapat, dan penarikan kesimpulan. (2) Siswa berkemampuan akademik sedang memenuhi dua tahap proses berpikir, yaitu pembentukan pengertian, dan pembentukan pendapat. (3) Siswa berkemampuan akademik rendah tidak memenuhi semua tahap proses berpikir.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | hilda rusida |
Date Deposited: | 17 Dec 2015 03:30 |
Last Modified: | 17 Dec 2015 03:30 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/2226 |
Actions (login required)
View Item |