PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA LBB SEMPOA KREATIF CABANG WONOREJO SUMBERGEMPOL MENGGUNAKAN METODE BERHITUNG SEMPOA KLASIK DENGAN SEMPOA BAYANGAN

CHASANAH, ILHAAMATUL (2015) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA LBB SEMPOA KREATIF CABANG WONOREJO SUMBERGEMPOL MENGGUNAKAN METODE BERHITUNG SEMPOA KLASIK DENGAN SEMPOA BAYANGAN. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
2. bagian awaL2.pdf

Download (316kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. BAB I.pdf

Download (225kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. BAB II.pdf

Download (289kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB III.pdf

Download (189kB) | Preview
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (221kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (104kB)
[img] Text
9. DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (113kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Perbedaan Hasil Belajar Siswa LBB Sempoa Kreatif Cabang Wonorejo Sumbergempol Menggunakan Metode Berhitung Sempoa Klasik dengan Sempoa Bayangan” ini ditulis oleh Ilhaamatul Chasanah, NIM. 3214113087, pembimbing Ummu Sholihah, M.Si. Banyak Lembaga Bimbingan Belajar Sempoa Kreatif yang dapat dijumpai tersebar di daerah-daerah. Sempoa identik dengan alat yang terbuat dari kayu dan terdiri dari dekak-dekak untuk berhitung, namun sekarang metode berhitung tersebut telah dikembangkan menjadi metode berhitung sempoa bayangan. Oleh karena itu penelitian untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa menggunakan kedua metode tersebut dilaksanakan. Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa LBB Sempoa Kreatif Cabang Wonorejo Sumbergempol menggunakan metode berhitung sempoa klasik dengan sempoa bayangan. Jenis penelitian di dalam penelitian ini adalah penelitian komparatif dengan pendekatan penelitian kuantitatif. Dalam penelitian ini menggunakan metode wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Wawancara digunakan untuk memperoleh data tentang seluk beluk Lembaga Bimbingan Belajar, pengajar, serta materi yang diajarkan. Observasi dilakukan untuk memperoleh data terkait lokasi Lembaga Bimbingan Belajar, sarana dan prasarana Lembaga Bimbingan Belajar, suasana bimbingan belajar, serta kondisi ketika dilakukan tes. Tes digunakan untuk memperoleh data tentang hasil belajar siswa. Sedangkan dokumentasi digunakan untuk mengumpulkan arsip–arsip/dokumen–dokumen yang tertulis dan atau tidak tertulis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan hasil belajar yang signifikan antara siswa yang menggunakan metode berhitung sempoa klasik dengan sempoa bayangan. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan hasil belajar siswa LBB Sempoa Kreatif Cabang Wonorejo Sumbergempol menggunakan metode berhitung sempoa klasik dengan sempoa bayangan dengan rata-rata hasil belajar siswa yang menggunakan sempoa bayangan lebih besar daripada rata-rata hasil belajar siswa yang menggunakan sempoa klasik.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: ilhaamatul chasanah
Date Deposited: 17 Dec 2015 03:26
Last Modified: 17 Dec 2015 03:26
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/2227

Actions (login required)

View Item View Item