IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI PESERTA DIDIK DI MTS DARUSSALAM REJOTANGAN TULUNGAGUNG

PUJI PRASETIYO, 12201173366 (2021) IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI PESERTA DIDIK DI MTS DARUSSALAM REJOTANGAN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER .pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (343kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (339kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV .pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi yang berjudul “Implementasi Pendekatan Saintifik pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak untuk Meningkatkan Kompetensi Peserta Didik di MTs Darussalam Rejotangan Tulungagung’’, ini ditulis oleh Puji Prasetiyo (12201173366) Fakultas Tarbiyah dan ilmu keguruan Jurusan Pendidikan Agama Islam dibimbing oleh Prof. Dr. Hj. Binti Maunah., M.Pd.I Kata kunci: Pendekatan Saintifik, Kompetensi Pemberlakuan pendekatan ilmiah atau saintifik dianggap sebagai perkembangan dan pengembangan sikap, keterampilan dan pengetahuan. Melalui penguatan sikap, keterampilan, dan pengetahuan yang terintegrasi diharapkan melahirkan peserta didik yang produktif, efektif, inovatif, dan kreatif. Hal tersebut mendorong peneliti untuk terjun langsung melihat di lapangan dalam pelaksanaan kurikulum 2013. Pertanyaan penelitian ini adalah (1) Bagaimana implementasi pendekatan saintifik pada mata pelajaran aqidah akhlak untuk meningkatkan kompetensi peserta didik di MTs Darussalam Rejotangan Tulungagung?; (2) Bagaimana hambatan implementasi pendekatan saintifik pada mata pelajaran aqidah akhlak untuk meningkatkan kompetensi peserta didik di MTs Darussalam Rejotangan Tulungagung?; (3) Bagaimana dampak implementasi pendekatan saintifik pada mata pelajaran aqidah akhlak untuk meningkatkan kompetensi peserta didik di MTs Darussalam Rejotangan Tulungagung?. Adapun tujuan penulisan skripsi ini adalah: (1) Memaparkan implementasi pendekatan saint ifik pada mata pelajaran aqidah akhlak untuk meningkatkan kompetensi peserta didik di MTs Darussalam Rejotangan Tulungagung; (2) Memaparkan hambatan implementasi pendekatan saint ifik pada mata pelajaran aqidah akhlak untuk meningkatkan kompetensi peserta didik di MTs Darussalam Rejotangan Tulungagung; (3) Memaparkan dampak implementasi pendekatan saint ifik pada mata pelajaran aqidah akhlak untuk meningkatkan kompetensi peserta didik di MTs Darussalam Rejotangan Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, jenis penelitiannya adalah studi kasus. Sumber data Kepala Madrasah, Waka Kurikulum, Guru, Siswa dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara terstruktur dan tidak terstruktur dan dokumentasi. Analisis data yang dilakukan yaitu reduksi data, menyajikan data dan verifikasi (penarikan kesimpulan). Sedangkan pengecekan keabsahan data dengan kredibiltas (pemeriksaan teman sejawat, perpanjangan keikutsertaan, dan triangulasi), keteralihan, kebergantungan dan kepastian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Implementasi pendekatan saintifik pada mata pelajaran Akidah Akhlak di MTs Darussalam Rejotangan Tulungagung pada tahun 2020/2021 yaitu mulai tahap pendahuluan sampai kegiatan akhir berjalan dengan lancar dengan langkah-langkahnya mulai dari mengamati, menanya, mengumpulkan, menalar dan mengkomunikasikan. (2) Hambatan yang dialami dari faktor guru belum ada untuk saat ini dan hanya kesulitan di awal pemberlakuan K-13 karena dampak pandemi dan dari siswa mengalami hambatan dari media pembelajaran daring serta dari sumber dan media belajar terkendala dari buku paket yang kurang tersedia dan masih berupa file. (3) Dampak dari implementasi pendekata saintifik berupa dampak positif yakni Bapak Ibu guru dimudahhkan dalam proses penilaian karena mengacu pada K.D dan penilaian dilakukan setiap materi pembelajaran. Adapun dampak untuk siswa menjadi lebih termotivasi untuk belajar

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah
Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 12201173366 Puji Prasetiyo
Date Deposited: 17 Sep 2021 03:08
Last Modified: 17 Sep 2021 03:08
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/22285

Actions (login required)

View Item View Item