PENERAPAN LESSON STUDY DALAM MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN (Studi Multi Kasus di MI Unggulan Darussalam Ponggok Blitar dan SDIT Al-Hikmah Bence Garum Blitar)

RENITA DEWI WAHYUNI, 12505184029 (2020) PENERAPAN LESSON STUDY DALAM MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN (Studi Multi Kasus di MI Unggulan Darussalam Ponggok Blitar dan SDIT Al-Hikmah Bence Garum Blitar). [ Thesis ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (563kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (500kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf

Download (557kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (401kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (315kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (162kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (299kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Tesis dengan judul “Penerapan Lesson Study Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran (Studi Multi Kasus di MI Unggulan Darussalam Ponggok Blitar dan SDIT Al-Hikmah Bence Garum Blitar) ini ditulis oleh Renita Dewi Wahyuni dengan di bimbing : Dr. H. Ahmad Tanzeh, M.Pd.I dan Dr. H. Zaini Fasya, S.Ag., M.Pd. Kata Kunci : Lesson Study , Mutu Pembelajaran Penelitian dalam tesis ini, dilatar belakangi adanya persepsi bahwa kemajuan suatu ersama pendidikan terbentuk dari pengembangan sumber daya manusia yang ada dilembaga tersebut maka dari itu terbentuklah program teacher school yang bertujuan untuk meningkatkan wawasan sumber daya manusia (SDM) melalui pembahasan-pembahasan kajian keilmuan yang menghasilkan peningkatan mutu pembelajaran. Pertanyaan penelitian dalam penulisan tesis adalah: 1). Bagaimana pelaksanaan lesson study dalam meningkatkan mutu pembelajaran. 2). Bagaimana Respon guru terhadap pelaksanaan lesson study dalam meningkatkan mutu pembelajaran.3).Bagaimana evaluasi pelaksanaan lesson study dalam meningkatkan mutu pembelajaran. Pada penelitian ini penulis menggunakan pedekatan kualitatif dan studi multi kasus. Teknik pengempulan data yang digunakan meliputi: 1) wawancara, dan 2). Dokumentasi. Data yang terkumpul dari ke dua ersam tersebut dianalisis dari situs tunggal dan analisis lintas kasus. Pada saat pengumpulan data, data yang telah diperoleh diuji dengan menggunakan metode triangulasi. Metode triangulasi yang digunakan oleh peneliti menggunakan triangulasi sumber selain itu metode ketekunan pengamatan dan keabsahan data. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Pelaksanaan lesson study dalam meningkatkan mutu pembelajaran di MI Unggulan Darussalam Ponggok dan SDIT Al-Hikmah Bence Garum dengan didahului tahap perencanaan sebelum pelaksanaan. Proses perencanaan dilakukan dengan jalan: a). Rapat bidang pembinaan sumber daya manusia untuk merumuskan dan menentukan tujuan pelaksanaan program serta materi yang dibutuhkan, anggaran dana dan sarana prasarana yang dibutuhkan b). Penjadwalan yang dilakukan oleh kepala sekolah yang disesuaikan dengan kalender pendidikan dan kalender sekolah. C). rapat dengan semua guru dan tenaga kependidikan serta karyawan yang bertujuan untuk menyampaikan hasil informasi yang telah disepakati. Untuk proses pelaksanaan lesson study dilakukan dengan beberapa kegiatan: a) presentasi bedah buku yang diikuti oleh semua guru tenaga kependidikan dan karyawan. B). Microteaching pembelajaran diikuti oleh guru kelas dan guru mata pelajaran saja dengan menjelaskan materi dan memperkenalkan RPP serta model pembelajaran yang dilakukan guru dalam proses pembelajaran. C). Penyampaian materi khusus dan materi umum yang dilaksanakan dengan model seminar. 2) respon guru terhadap pelaksanaan lesson study dalam meningkatkan mutu pembelajaran mendapat respon positif dari guru dan tenaga kependidikan yang tercermin dari semangat guru dalam belajar dan mengikuti pelaksanaan lesson study dan menjadikan banyaknya perubahan positif baik sikap, ucapan maupun pikiran yang dirasakan guru setelah mengikuti program. Selain itu, terlihat juga dari semangat anak-anak dalam mengikuti proses pembelajaran dan diharapkan dengan suasana pembelajaran yang seperti demikian akan menghasilkan peningkatan mutu pembelajaran di madrasah dalam rangka peningkatan mutu pembelajaran demi tercapainya tujuan pendidikan. 3). Evaluasi pelaksanaan lesson study dalam meningkatkan mutu pembelajaran dilakukan dengan evaluasi formal dan evaluasi informal. Evaluasi formal dilakukan dengan pemberian angket dan pelaksanaan rapat kerja. Sedangkan rapat informal dilakukan dengan ersama dari kepala sekolah dan masukan dari peserta pelaksanaan lesson study.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam > Belajar
Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Pascasarjana > Thesis > PGMI
Depositing User: 12505184029 RENITA DEWI WAHYUNI
Date Deposited: 21 Sep 2021 03:23
Last Modified: 21 Sep 2021 03:23
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/22319

Actions (login required)

View Item View Item