PENGARUH PERSEPSI PESERTA DIDIK KEPADA GURU PAI TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DI SMPN 4 TULUNGAGUNG

FITRIA CHOIRUR RIZKY, 12201173312 (2021) PENGARUH PERSEPSI PESERTA DIDIK KEPADA GURU PAI TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DI SMPN 4 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (324kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (305kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (328kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (295kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (413kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (177kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (230kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Persepsi Peserta Didik Kepada Guru PAI terhadap Motivasi Belajar di SMPN 4 Tulungagung” ini ditulis oleh Fitria Choirur Rizky, NIM. 12201173312, dilaksanakan di SMPN 4 Tulungagung, yang dibimbing oleh Dr. H. Imam Junaris, S.Ag, M.H.I. Kata kunci: Persepsi Peserta Didik, Motivasi Intrinsik, Motivasi Ekstrinsik Penelitian yang dilaksanakan di SMPN 4 Tulungagung ini dilatarbelakangi oleh rendahnya motivasi belajar pada mata pelajaran PAI. Salah satu penyebabnya yaitu tentang persepsi peserta didik pada guru PAI yang berkaitan dengan kepribadian dan cara mengajar guru PAI. Sehingga guru memiliki peran penting dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran PAI. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Adakah pengaruh persepsi peserta didik kepada guru PAI terhadap motivasi intrinsik di SMPN 4 Tulungagung? (2) Adakah pengaruh persepsi peserta didik kepada guru PAI terhadap motivasi ekstrinsik di SMPN 4 Tulungagung? (3) Adakah pengaruh yang paling dominan antara persepsi peserta didik kepada guru PAI terhadap motivasi intrinsik dengan motivasi ekstrinsik di SMPN 4 Tulungagung? Tujuan dalam penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui pengaruh persepsi peserta didik kepada guru PAI terhadap motivasi intrinsik di SMPN 4 Tulungagung (2) Untuk mengetahui pengaruh persepsi peserta didik kepada guru PAI terhadap motivasi ekstrinsik di SMPN 4 Tulungagung (3) Untuk mengetahui pengaruh yang paling dominan antara persepsi peserta didik kepada guru PAI terhadap motivasi intrinsik dengan motivasi ekstrinsik di SMPN 4 Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eks-postfakto tipe correlational research. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh kelas IX yang berjumlah 308 peserta didik. Sedangkan sampel dari penelitian ini adalah kelas IX-D. Pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Uji hipotesis yang digunakan adalah analisis Multivariat (MANOVA). Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) ada pengaruh positif antara Persepsi Peserta Didik kepada Guru PAI terhadap Motivasi Intrinsik di SMPN 4 Tulungagung dengan signifikansi 0,023 < 0,05 dengan besaran Adjusted R Square 43,4%. (2) ada pengaruh positif antara Persepsi Peserta Didik kepada Guru PAI terhadap Motivasi Ekstrinsik di SMPN 4 Tulungagung dengan signifikansi 0,000 < 0,05 dengan besaran Adjusted R Square 72%. (3) ada pengaruh yang paling dominan antara pengaruh Persepsi Peserta Didik kepada Guru PAI terhadap Motivasi Intrinsik dengan Motivasi Ekstrinsik yaitu Pengaruh Persepsi PesertaDidik kepada Guru PAI terhadap Motivasi Ekstrinsik dengan besaran Adjusted R Squared pada motivasi ekstrinsik 72% > motivasi intrinsik 43,4%.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Bimbingan dan Konseling Islam > Belajar
Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 12201173312 FITRIA CHOIRUR RIZKY
Date Deposited: 20 Sep 2021 02:01
Last Modified: 20 Sep 2021 02:01
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/22320

Actions (login required)

View Item View Item