SALSABILA, 12402173262 (2021) IMPLEMENTASI MARKETING SYARIAH PADA USAHA KONFEKSI DI KABUPATEN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (277kB) | Preview |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (91kB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (11kB) |
||
Text
BAB I.pdf Download (222kB) |
||
|
Text
BAB II.pdf Download (282kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (185kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (356kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (261kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (43kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (159kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Implementasi Marketing Syariah pada Usaha Konfeksi di Kabupaten Tulungagung” ini ditulis oleh Salsabila, NIM. 12402173262. Pembimbing Dr. Sutopo, M.Pd. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fakta bahwa ada banyak persaingan yang tidak sehat di antara pengusaha konfeksi di Indonesia. Di Indonesia, Budi Harta Winarta dan Alm. Bisri Ilyas terkenal sebagai pelaku bisnis yang sukses dalam menerapkan syariah pada kegiatan pemasarannya. Di Tulungagung, implementasi marketing syariah belum dapat dirasakan sepenuhnya, padahal mayoritas masyarakatnya adalah muslim. Banyak iklan yang tidak sesuai dengan spesifikasi barang, hal ini tentu merupakan pelanggaran syariah Islam. Namun, masih ada pengusaha jujur yang berhasil dengan menerapkan aspek syariah di bisnisnya. Oleh karena itu penelitian ini membahas tentang implementasi syariah yang digunakan oleh pengusaha konfeksi di Tulungagung. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan: (1) implementasi marketing syariah pada usaha konfeksi di Kabupaten Tulungagung, (2) dampak implementasi marketing syariah pada usaha konfeksi di Kabupaten Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif, hasil penelitian akan berupa deskripsi berdasarkan informasi yang telah diperoleh. Data yang digunakan adalah data primer dan sekunder, teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan konsep Miles yaitu reduksi data; penyajian data; verifikasi dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan melakukan perpanjangan pengamatan serta triangulasi sumber dan triangulasi metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) implementasi marketing syariah dilakukan dengan meniatkan usaha sebagai ibadah, berkata jujur, menyampaikan informasi produk sesuai dengan kenyataannya, tidak menghalalkan segala cara, memastikan kehalalan dan kebersihan produk, menjauhi riba, dan pemilihan lokasi usaha yang aman dengan fasilitas yang memadahi khususnya tempat ibadah muslim; (2) dampak penerapan implementasi prinsip syariah dirasakan berupa keyakinan yang mendalam terhadap urgensi penerapan syariah, bertahan dari persaingan usaha, image yang baik, serta perasaan terlindungi dan ketenangan selama menjalankan kegiatan bisnis. Kata Kunci: Dampak, Implementasi, Marketing Syariah.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Ekonomi > Ekonomi Syariah |
Divisions: | Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Salsa 12402173262 Salsabila |
Date Deposited: | 20 Sep 2021 02:57 |
Last Modified: | 20 Sep 2021 02:57 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/22330 |
Actions (login required)
View Item |