ANALISIS PERILAKU PEDAGANG DI PASAR TRADISIONAL NGUNUT DALAM PERSPEKTIF ETIKA BISNIS ISLAM

KIKI WAHYU TRI SEPTIWULANDARI, 17402163464 (2021) ANALISIS PERILAKU PEDAGANG DI PASAR TRADISIONAL NGUNUT DALAM PERSPEKTIF ETIKA BISNIS ISLAM. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (292kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (596kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (365kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (363kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (293kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (266kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Analisis Perilaku Pedagang Di Pasar Tradisional Ngunut dalam Perspektif Etika Bisnis Islam” ini ditulis oleh Kiki Wahyu Tri Septiwulandari, NIM 17402163464. Jurusan Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam. Pembimbing Nur Aziz Muslim, M.H.I Pasar bagi masyarakat tidak hanya sebagai tempat bertemunya antara penjual dan pembeli tetapi juga sebagai tempat yang berguna untuk berinteraksi sosial. Banyak diantara para penjual yang belum sadar tentang etika bisnis dalam berdagang yang tentunya akan berdampak pada diri mereka. Dalam penelitian ini peneliti lebih tertarik pada para pedagang bahan makanan di pasar tradisional Ngunut, karena bahan ini selalu dicari oleh konsumen ketika pergi ke pasar tradisional, dan para pedagang tersebut mayoritas beragama Islam. Meski demikian tidak bisa dipungikiri bahwasannya dalam proses bertransaksi masih banyak sekali menggunakan praktik yang diharamkan dalam Islam. Fokus masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana penerapan etika bisnis Islam yang dilakukan pedagang dalam melakukan transaksi dipasar tardisional Ngunut? (2) Bagaimana dampak perilaku pedagang yang tidak menerapkan etika bisnis Islam dalam kegiatan berdagang? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif-deskriptif, dengan menggunakan penelitian lapangan. Sumber data yang diperoleh yaitu sumber data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis datanya menggunakan reduksi data, pemaparan data, serta penarikan kesimpulan temuan. Sedangkan pengecekan keabsahan temuan menggunakan triangulasi data, Pendiskusian teman sejawat, dan perpanjangan keikutsertaan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Penerapan etika bisnis Islam yang dilakukan pedagang dalam melakukan transaksi di Pasar Tardisional Ngunut yaitu mengutamakan prinsip keridhoan, saling ikhas, suka sama suka, penentuan kesepakatan harga, menakar dengan timbangan yang pas, takut terhadap dosa, adanya tera ulang timbangan, kejujuran, dan terbuka terhadap informasi kualitas barang, tidak melakukan kecurangan, mengharap berkah dari kegiatan perdagangan. (2) Dampak perilaku pedagang yang tidak menerapkan etika bisnis Islam dalam kegiatan berdagang menurut warga Pasar Tardisional Ngunut yaitu seperti pembeli yang tidak akan kembali berbelanja ketika pedagang memberikan pelayanan yang kurang sopan, atau karena pedagang acuh dan bersikap kurang baik dalam memberikan pelayanan, pembeli jera untuk membeli kembali ketika penjual berbicara kurang sopan terhadap pembeli yang sedang menawar. Kata Kunci: Perilaku Pedagang, Etika Bisnis Islam, Pasar Tradisional

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: 17402163464 KIKI WAHYU TRI SEPTIWULANDARI
Date Deposited: 22 Sep 2021 06:59
Last Modified: 22 Sep 2021 06:59
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/22392

Actions (login required)

View Item View Item