MEYKE MAUIDHOTUL UMMAH, 12201173398 (2021) KONSEP PENDIDIKAN AKHLAQ DALAM PERSPEKTIF IMAM AL- GHAZALI DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN ISLAM DI ERA MILENIAL. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (827kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (173kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (123kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (286kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Download (160kB) |
||
Text
BAB III.pdf Download (311kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Download (168kB) |
||
Text
BAB V.pdf Download (258kB) |
||
|
Text
BAB VI.pdf Download (134kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (177kB) | Preview |
Abstract
Meyke Mauidhotul Ummah, NIM. 12201173398. “Konsep Pendidikan Akhlak dalam Perspektif Imam l-Ghazali dan Relevansinya dengan Pendidikan Islam di Era Millenial” Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, Pembimbing : Prof. Dr. H. Akhyak, M. Ag. Kata kunci : Pendidikan Akhlak, Imam al-Ghazali, Generasi Milenial Pendidikan akhlak adalah pendidikan yang berkaitan dengan moral dan kepribadian. Pembentukan akhlak yang dilandaskan pada al-Qur’an dan al-Hadits merupakan bagian dari ajaran Islam agar terbentuk manusia yang berpegang teguh pada apa yang telah ldiwariskan oleh Rasulullah SAW serta dapat melindungi diri dari melakukan perbuatan tercela. Konsep pendidikan akhlak yang diajarkan imam al-Ghazali bersumber dari al- Qur’an dan al-Hadits dan memberikan pemecahan masalah tentang moral yang terjadi didalam masyarakat. Beliau menggunakan pendekatan dan langkah-langkah penyelesaian menggunakan metode-metode yang tepat untuk digunakan dalam pembentukan akhlak yang Islami sesuai dengan al-Qur’an dan al-Hadits. Generasi milenial atau generasi Y yang juga akrab disebut generation me atau echo boomers adalah lanjutan dari generasi X. umumnya para peneliti menggunakan awal tahun 80-an untuk menyatakan awal kelompok ini berada dan pertengan 90-an hingga awal tahun 2000-an dikategorikan sebagai akhir kelahiran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsep pendidikan akhlak dalam pesrpektif imam al-Ghazali serta untuk mengetahui adanya relevansi antara konsep pendidikan akhlak perspektif imam al-Ghazali dengan pendidikan Islam di era milenial. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian studi pustaka (library research). Adapun teknik analisis data menggunakan analisis isi atau disebut juga content analysis. Dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pemikiran imam al-Ghazali tentang pendidikan akhlak mempunyai relevansi dengan kehidupan pada masa sekarang atau relevan jika diimplemetasikan di era sekarang atau era milenial. Aspek-aspek atau sudut pandang yang bisa digunakan sebagai relevansi pemikiran Imam al-Ghazali di era milenial ini, antara lain: 1) aspek tujuan pendidikan akhlak; 2) aspek metode pendidikan moral; 3) aspek materi pendidikan akhlak. Menurut imam al-Ghazali materi-materi tidak hanya dikuasai secara kognitif melainkan secara afektif dan psikomotorik.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama > Al Hadist Agama > Al Quran Pendidikan Islam Pengembangan Masyarakat Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Meyke M. U 12201173398 Meyke Mauidhotul ummah |
Date Deposited: | 27 Sep 2021 03:39 |
Last Modified: | 27 Sep 2021 03:39 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/22444 |
Actions (login required)
View Item |