CHRISNANDA FIANDARI, 12210173003 (2021) GAYA BAHASA KUMPULAN PUISI HUJAN BULAN JUNI KARYA SAPARDI DJOKO DAMONO DAN IMPLEMENTASINYA TERHADAP PENULISAN PUISI SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 GANDUSARI TAHUN PELAJARAN 2020/2021. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (16MB) |
||
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (10MB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (10MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (10MB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (10MB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (10MB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (10MB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (10MB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (10MB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (10MB) | Preview |
Abstract
Chrisnanda Fiandari. NIM 12210173003. Gaya Bahasa Kumpulan Puisi Hujan Bulan Juni Karya Sapardi Djoko Damono dan Implementasinya terhadap Penulisan Puisi Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 1 Gandusari Tahun Pelajaran 2020/2021.Jurusan Tadris Bahasa Indonesia, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Pembimbing: Muyassaroh, S.S.‚ M.Pd. Kata Kunci: Gaya bahasa, Penulisan Puisi, Implementasi. Pembelajaran menulis puisi‚ merupakan suatu hal yang penting untuk membentuk kemampuan siswa dalam proses berkarya dengan menulis puisi sesuai dengan kemampuan yang dimilikinya. Kemampuan menulis puisi pada siswa tidak tumbuh begitu saja‚ tetapi pada diri siswa harus memiliki bekal belajar yang sudah mumpuni. Pembelajaran menulis puisi‚ mampu memberikan pemahaman terkait gaya bahasa supaya siswa lebih terampil dan pandai menulis puisi menggunakan gaya bahasa. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk; 1) menganalisis gaya bahasa dalam kumpulan puisi Hujan Bulan Juni karya Sapardi Djoko Damono, 2) mendeskripsikan implementasi penggunaan gaya bahasa yang terdapat dalam kumpulan puisi Hujan Bulan Juni terhadap pembelajaran menulis puisi di SMP Negeri 1 Gandusari Trenggalek. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif analisis melalui pendekatan kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini berasal dari kumpulan puisi Hujan Bulan Juni karya Sapardi Djoko Damono dan hasil penulisan puisi siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Bentuk analisis data yang digunakan adalah model Miles and Hubbermen, yaitu meliputi proses reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Validitas data menggunakan triangulasi metode. Hasil penelitian menunjukkan gaya bahasa yang sering muncul pada kumpulan puisi Hujan Bulan Juni karya Sapardi Djoko Damono adalah gaya bahasa perbandingan yang didominasi oleh gaya bahasa metafora dan personifikasi. Secara keseluruhan terdapat sebelas gaya bahasa yang digunakan, yaitu gaya bahasa perumpamaan (simile), metafora, personifikasi, alegori, paradoks, hipalase, erotesis, aliterasi, epizeukiz, anaphora, dan mesodiplosis. Implementasi terhadap pembelajaran menulis puisi yaitu membantu siswa untuk memahami penggunaan gaya bahasa yang terdapat pada karya sastra, khusunya puisi. Hal ini juga bisa memperluas pengetahuan tentang jenis dan bentuk puisi penyair, mampu meningkatkan keterampilan berbahasa, dan menambah perbendaharaan kosakata. Selanjutnya, siswa juga mampu menulis puisi dengan menggunakan berbagai jenis gaya bahasa yang dibuktikan pada hasil analisis puisi siswa. Secara keseluruhan ditemukan empat belas jenis gaya bahasa yang dipakai oleh siswa. Wujud gaya bahasa lebih didominasi oleh gaya bahasa metafora, personifikasi, dan repitisi. Di antara empat belas jenis gaya bahasa tersebut adalah gaya bahasa perumpamaan‚ metafora‚ personifikasi‚ pleonasme‚ hiperbola‚ litotes‚ antiklimaks‚ retoris‚ parelelisme‚ aliterasi‚ asonansi‚ simploke‚ repitisi‚ dan anadiplosis.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Bahasa Dan Sastra > Bahasa Indonesia Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama Bahasa Dan Sastra > Puisi |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Bahasa Indonesia |
Depositing User: | S1 12210173003 CHRISNANDA FIANDARI |
Date Deposited: | 28 Sep 2021 04:50 |
Last Modified: | 01 Nov 2021 05:18 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/22477 |
Actions (login required)
View Item |