STRATEGI PEMASARAN WISATA EDUKASI KAMPUNG COKLAT KABUPATEN BLITAR DALAM PERSPEKTIF ETIKA BISNIS ISLAM

IKA LUKITA SARI, 12402173160 (2021) STRATEGI PEMASARAN WISATA EDUKASI KAMPUNG COKLAT KABUPATEN BLITAR DALAM PERSPEKTIF ETIKA BISNIS ISLAM. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (259kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (628kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (12MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (11MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (905kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul "Strategi Pemasaran Wisata Edukasi Kampung Coklat Kabupaten Blitar dalam Perspektif Etika Bisnis Islam" yang ditulis oleh Ika Lukita Sari, NIM 12402173160, pembimbing Dr. Syafrudin Arif Marah Manunggal, M.S.I. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya perusahaan yang belum menerapkan strategi pemasaran berdasarkan etika bisnis Islam dalam menjalankan usahanya, baik di pasar maupun di industri pariwisata. Belum diterapkannya etika bisnis Islam menjadikan sebuah usaha rentan akan hal-hal dzalim seperti: mementingkan urusan duniawi sehingga lupa kewajiban ibadahnya, tidak jujur saat melakukan transaksi, bersikap subyektif terhadap pembeli, acuh terhadap komplain atau keluhan yang masuk, tidak transparan dalam menetapkan harga, pengurangan takaran atau timbangan, penggunaan sumpah palsu, serta adanya persaingan yang tidak sehat dengan perusahaan lain. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah (1) Bagaimana strategi pemasaran di wisata edukasi Kampung Coklat Kabupaten Blitar dalam perspektif etika bisnis Islam, (2) Apa saja faktor pendukung dan faktor penghambat yang dihadapi pengelola wisata edukasi Kampung Coklat Kabupaten Blitar dalam penerapan strategi pemasaran. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan strategi pemasaran di wisata edukasi Kampung Coklat Kabupaten Blitar dalam perspektif etika bisnis Islam. (2) Mendeskripsikan faktor pendukung dan faktor penghambat yang dihadapi pengelola wisata edukasi Kampung Coklat Kabupaten Blitar dalam penerapan strategi pemasaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian lapangan (field reseach). Penelitian ini dilaksanakan di Desa Plosorejo Kecamatan Kademangan Kabupaten Blitar. Data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan cara reduksi data, paparan data dan verifikasi. Pengecekan keabsahan temuan dilakukan dengan cara perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan dan trianggulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk unggulan yang dihasilkan Kampung Coklat adalah wisata edukasi dan produk coklatnya. Adapun strategi pemasaran yang dilakukan pengelola wisata edukasi Kampung Coklat Kabupaten Blitar sudah sesuai dengan prinsip-prinsip etika bisnis Islam. Dimana produk yang dihasilkan terjamin kehalalannya, harga yang dutetapkan sesuai kualitas produk yang diberikan, mempromosikan produk dan jasa sewajarnya tanpa melebih-lebihkan keadaan aslinya, serta menyajikan tempat yang bersih dan rapi untuk menunjang kenyamanan berkunjung wisatawan. Selain itu Kampung Coklat selalu bertanggung jawab dan berperilaku jujur serta memberikan pelayanan terbaik demi terpenuhinya kepuasan wisatawan. Kata Kunci: Strategi Pemasaran, Wisata Edukasi, Etika Bisnis Islam.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Bisnis Islam
Pengembangan Masyarakat Islam
Ekonomi > Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ika Lukita
Date Deposited: 29 Sep 2021 01:35
Last Modified: 29 Sep 2021 01:35
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/22509

Actions (login required)

View Item View Item