STRATEGI GURU UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN DALAM JARINGAN (DARING) DAN LUAR JARINGAN (LURING) PADA PESERTA DIDIK DI MI AL FATAH BADAS KEDIRI

VICI EARLY SUKMAWATI, 12205173317 (2021) STRATEGI GURU UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN DALAM JARINGAN (DARING) DAN LUAR JARINGAN (LURING) PADA PESERTA DIDIK DI MI AL FATAH BADAS KEDIRI. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (5MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (5MB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (5MB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi ini berjudul “Strategi Guru untuk Meningkatkan Minat Belajar melalui Model Pembelajaran Daring dan Luring pada Peserta Didik di MI Al Fatah Badas” ini ditulis oleh Vici Early Sukmawati, NIM 12205173317, pembimbing Zainudin, S.Ag, M.Pd.I. Kata Kunci: Strategi Guru, Minat Belajar, Model Pembelajaran Daring, Model Pembelajaran Luring. Penelitian di latarbelakangi oleh fenomena terdapatnya wabah virus corona yang mempengaruhi proses pembelajaran di Sekolah. Dalam hal ini peneliti menghubungkan masalah minat belajar melalui Model Pembelajaran Daring dan Luring pada Peserta Didik di MI Al Fatah Badas. Fokus penelitian dalam epnulisan skripsi ini adalah 1) Bagaimanakah perencanaan strategi guru untuk meningkatkan minat belajar melalui model pembelajaran daring dan luring pada peserta di MI Al Fatah Badas Kediri?. 2) Bagaimanakah pelaksanaan strategi guru untuk meningkatkan minat belajar melalui model pembelajaran daring dan luring pada peserta didik di MI Al Fatah Badas Kediri?. 3) Bagaimanakah faktor yang mempengaruhi strategi guru untuk meningkatkan belajar melalui model pembelajaran daring dan luring pada peserta didik di MI Al Fatah Badas Kediri?. Skripsi ini bermanfaat bagi Kepala Madrasah Ibtidaiyah Al Fatah, sebagai sumbangan pemikiran dalam rangka pembinaan dan peningkatan mutu pengajaran, bagi para guru Madrasah Ibtidaiyah Al Fatah sebagai dasar untuk melakukan pembelajaran daring dan luring dalam meningkatkan minat belajar. Bagi para pembaca/peneliti lain sebagai bahan masukan atau referensi yang cukup berarti bagi peneliti lebih lanjut. Dalam penelitian ini digunakan metode kualitatif. Data diperoleh dengan teknik wawancara, observas, dan dokumentasi. Analisa data dilakukan dengan cara analisa sebelum di lapangan dan analisa sesudah di lapangan. Keabsahan data dilakukan dengan cara uji triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa perencanaan guru untuk meningkatkan minat belajar melalui pembelajaran daring dan luring ini dilakukan dengan memeprsiapkan RPP yang mencakup pembelajaran daring dan luring. Strategi yang digunakan saat pembelajaran daring adalah menyiapkan materi sebagai bahan ajar dengan memanfaatkan aplikasi Az screen dan Bandicam untuk membuat vidio pembelajaran kemudian kirim ke WhatsApp. Pelaksanaan pembelajaran daring berjalan dengan baik hanya saja pada prestasi belajar menurun di karenakan minat belajar yang kurang. Pelaksanaan strategi yang di terapkan saat tatap muka adalah memberikan modul pembelajaran yang praktis. Minat pembelajaran luring ini peserta didik mengalami kenaikan namun sedikit. Faktor yang mendukung strategi guru untuk meningkatkan minat belajar secara daring adalah tersedianya alat komunikasi seperti Handphone, laptop atau komputer, dan buku materi. Faktor pendukung strategi guru untuk meningkatkan minat belajar secara luring adalah guru menyiapkan jadwal pelajaran dan membagikannya saat proses pembelajaran tatap muka, guru juga menunjang buku lembar kerja peserta didik dan buku materi yang memadai. Faktor penghambat daring guru terdapat kejenuhan saat mengoreksi tugas secara daring, karena sering kali peserta didik mengirim jawaban tugas waktu malam hari. Faktor penghambat pembelajaran luring terbatasnya waktu guru saat mengajar. Menyebabkan peserta didik harus lebih ekstra cepat saat mendengarkan atau mengerjakan tugas saat di dalam kelas.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: S1 12205173317 VICI EARLY SUKMAWATI
Date Deposited: 05 Oct 2021 01:16
Last Modified: 05 Oct 2021 01:16
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/22524

Actions (login required)

View Item View Item