PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS BERITA PADA SISWA KELAS VIII MTS SALAFUL MUHAJIRIN TAHUN PELAJARAN 2020/2021

SOLIKHAH, 12210173129 (2021) PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS BERITA PADA SISWA KELAS VIII MTS SALAFUL MUHAJIRIN TAHUN PELAJARAN 2020/2021. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (794kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (528kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (191kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (309kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (257kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (352kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (477kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (316kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (191kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (300kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul Penerapan Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran Teks Berita Siswa Kelas VIII MTs Salaful Muhajirin ini ditulis oleh Solikhah NIM. 12210173129, dosen pembimbing Lilis Anifiah Zulfa, M.Pd. Kata Kunci: Pendekatan saintifik, pembelajaran, teks berita. Penerapan Kurikulum 2013 menghendaki siswa aktif dalam kegiatan pembelajaran. Pada Kurikulum 2013, terdapat kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan dengan menggunakan pendekatan saintifik yang meliputi lima tahap pembelajaran atau dikenal dengan tahap 5M yakni, mengamati, menanya, mencoba, menalar dan mengomunikasikan. Guru diharuskan dapat menerapkan lima tahap pembelajaran pendekatan saintifik tersebut di dalam kegiatan belajar mengajar. Pembelajaran menulis teks berita menjadi pelajaran Bahasa Indonesia yang membutuhkan pendekatan saintifik dalam menentukan unsur-unsur teks berita sehingga menjadi karya yang sesuai fakta dan menarik. Penelitian ini bertujuan (1) mengetahui dan menjelaskan bagaimana penerapan pendekatan saintifik pada persiapan pembelajaran menulis teks berita siswa kelas VIII MTs Salaful Muhajirin, (2) mengetahui dan menjelaskan bagaimana penerapan pendekatan saintifik pada pelaksanaan pembelajaran menulis teks berita siswa kelas VIII MTs Salaful Muhajirin, (3) mengetahui dan menjelaskan bagaimana penerapan pendekatan saintifik pada penilaian pembelajaran menulis teks berita siswa kelas VIII MTs Salaful Muhajirin. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data diambil dari wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yakni meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil data menunjukkan (1) perencanaan dalam pembelajaran teks berita guru menyusun perangkat pembelajaran, (2) guru bahasa Indonesia telah menerapkan langkah-langkah pendekatan saintifik meliputi 5M dalam pelaksanaan pembelajaran, (3) penilaian yang digunakan oleh guru bahasa Indonesia telah sesuai dengan lima tahap pendekatan saintifik dengan melihat kemampuan siswa dalam menulis teks berita sesuai unsur-unsur teks berita. Penilaian yang dilakukan oleh guru sudah sesuai dengan penilaian yang ada dalam Kurikulum 2013 meliputi ranah afektif, kognitif dan psikomotorik.

Item Type: Skripsi
Subjects: Bahasa Dan Sastra > Bahasa Indonesia
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: Azahra Solikhah
Date Deposited: 01 Oct 2021 02:17
Last Modified: 01 Oct 2021 02:17
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/22573

Actions (login required)

View Item View Item