ELISA FIFIN DARMASARI, 17207163015 (2021) PERAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM UPAYA MENGEMBANGKAN MUTU SUMBER DAYA GURU DI SMPN 1 SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (773kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (389kB) | Preview |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (385kB) |
||
Text
BAB I.pdf Download (235kB) |
||
|
Text
BAB II.pdf Download (421kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (254kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (487kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (225kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (216kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (279kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Upaya Mengembangkan Mutu Sumberdaya Guru di SMPN 1 Sumbergempol Tulungagung Tahun 2020/2021” ini ditulis oleh Elisa Fifin Darmasari, NIM. 17207163015. Jurusan Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung. Pembimbing: Luluk Indarti, M.Pd.I. Kata Kunci: Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah, Mutu Sumberdaya Guru. Guru merupakan komponen yang paling berpengaruh terhadap terciptanya proses dan hasil pendidikan yang berkualitas. Oleh karena itu, peran kepemimpinan kepala sekolah sangat penting dilakukan untuk meningkatkan kualitas pendidikan melalui peningkatan guru yang profesional dan berkualitas. Dalam hal ini peran kepemimpinan kepala sekolah adalah strategi apa saja yang digunakan kepala sekolah, pelaksanaan kepemimpinan, dan dampak-dampak strategi kepala sekolah dalam mengembangkan mutu sumberdaya guru di SMPN 1 Sumbergempol Tulungagung. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah 1) Strategi kepala sekolah dalam mengembangkan mutu sumberdaya guru di SMPN 1 Sumbergempol Tulungagung. 2) Pelaksanaan kepemimpinan kepala sekolah dalam upaya mengembangkan mutu sumberdaya guru di SMPN 1 Sumbergempol Tulungagung. 3) Dampak strategi kepala sekolah dalam mengembangkan mutu sumberdaya guru di SMPN 1 Sumbergempol Tulungagung. Tujuan penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah untuk mengetahui Strategi kepala sekolah Pelaksanaan kepemimpinan kepala sekolah Dampak strategi kepala sekolah dalam mengembangkan mutu sumberdaya guru di SMPN 1 Sumbergempol Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan metode induktif dengan alur tahapan Reduksi data, Penyajian data (data display) dan menarik kesimpulan dan verifikasi. Dari hasil penelitian ini, penulis menyimpulkan: 1) Strategi kepala sekolah dalam mengembangkan mutu sumberdaya guru dengan menentukan strategi memiliki tujuan agar setiap kegiatan memiliki alur langkang yang tepat untuk meningkatkan mutu sumberdaya manusia, mengadakan rapat guna membahas arah kedepan yang sesuai dengan kempuan para guru dan karyawan. 2) Pelaksanaan kepemimpinan kepala sekolah dalam upaya mengembangkan mutu sumberdaya guru yaitu memberikan contoh perilaku hingga memberikan supervisi rutin kepada setiap guru dan staff yang ada di lingkungan sekolah. Pelaksanaannya juga harus memiliki keksesuaian terhadap karakter manusia yang dipimpinnya. 3) Dampak strategi kepala sekolah dalam mengembangkan mutu sumberdaya guru antara lain kepercayaan masyarakat meningkat dengan ratanya jumlah siswa baru yang masuk tiap tahunnya, gurunya memiliki sertifikat pendidik, dan guru memiliki kualifikasi yang sesuai.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama Manajemen > Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | 17207163015 ELISA FIFIN DARMASARI |
Date Deposited: | 01 Oct 2021 02:50 |
Last Modified: | 01 Oct 2021 02:50 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/22579 |
Actions (login required)
View Item |