PENGARUH PENGUATAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI KELAS XI MIPA SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI (SMAN) 4 BLITAR

WAHYU WIRADARMA, 12201173342 (2021) PENGARUH PENGUATAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI KELAS XI MIPA SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI (SMAN) 4 BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (159kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (105kB)
[img] Text
BAB I .pdf

Download (276kB)
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (604kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (403kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (439kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (347kB) | Preview
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (91kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA .pdf

Download (175kB)

Abstract

ABSTRAK Wahyu Wiradarma, NIM 12201173342, 2021, “Pengaruh Penguatan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 4 Blitar”, Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung, Dosen Pembimbing Dr. H. Ali Rohmad, M.Ag. Kata Kunci : Penguatan Motivasi Belajar, Prestasi Belajar Permasalahan : 1. Bagaimana pengaruh penguatan motivasi belajar melalui penerapan metode pembelajaran yang variatif (X1) terhadap prestasi belajar (Y) pada mata pelajaran pendidikan agama islam di SMAN 4 Blitar ?; 2. Bagaimana pengaruh penguatan motivasi belajar melalui perlakuan siswa secara adil (X2) terhadap prestasi belajar (Y) pada mata pelajaran pendidikan agama islam di SMAN 4 Blitar ?; 3. Bagaimana pengaruh penguatan motivasi belajar (X) terhadap prestasi belajar (Y) pada mata pelajaran pendidikan agama Islam di SMAN 4 Blitar. Pendekatan penelitian : penelitian kuantitatif. Pola penelitian : penelitian pendidikan Islam, penelitian eksploratif, penelitian korelasional, penelitian lapangan. Populasi : siswa kelas XI MIPA di SMAN 4 Blitar yang terdiri dari 138 siswa. Dengan teknik cluster sampling diperoleh sampel 66 siswa. Variable bebas : penguatan motivasi belajar (X) melalui penerapan metode pembelajaran yang variatif (X1) dan melalui perlakuan siswa secara adil (X2). Variabel terikat : prestasi belajar pada mata pelajaran PAI (Y). Sumber data : sampel siswa selaku responden dan guru pegampu mata pelajaran PAI serta buku rapor siswa. Teknik pengumpulan data : angket, dokumentasi, wawancara, dan observasi yang disesuaikan dengan dinamika pandemi corona-19. Uji instrumen penelitian : uji validitas, uji reliabilitas. Analisis data lapangan : uji normalitas, uji linieritas, uji multikolinieritas, uji heterokedastisitas, uji hipotesis melalui regresi sederhana dan regresi berganda dengan bantuan SPSS 16.0 for windows. Hasil penelitian : 1. Ada pengaruh yang positif lagi signifikan antara penguatan motivasi belajar melalui penerapan metode pembelajaran yang variatif terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran pendidikan agama islam di SMAN 4 Blitar; 2. Ada pengaruh yang positif lagi signifikan antara penguatan motivasi belajar melalui perlakuan siswa secara adil terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran pendidikan agama islam di SMAN 4 Blitar; 3. Ada pengaruh yang positif lagi signifikan antara penguatan motivasi belajar terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran pendidikan agama islam di SMAN 4 Blitar.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Bimbingan dan Konseling Islam > Belajar
Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 12201173342 WAHYU WIRADARMA
Date Deposited: 04 Oct 2021 07:29
Last Modified: 04 Oct 2021 07:29
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/22613

Actions (login required)

View Item View Item