AYUB ABDULLAH, 12204173151 (2021) DISPOSISI MATEMATIS BERDASARKAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH BANGUN RUANG SISI DATA DI MTS AL-FAJAR KANDAT KABUPATEN KEDIRI TAHUN AJARAN 2020/2021. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (386kB) |
||
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (531kB) | Preview |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (292kB) |
||
Text
BAB I.pdf Download (594kB) |
||
Text
BAB II.pdf Download (644kB) |
||
|
Text
BAB II.pdf Download (644kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (360kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (290kB) | Preview |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (401kB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Disposisi Matematis Berdasarkan Kemampuan Siswa Dalam Menyelesaiakan Masalah Bangun Ruang Sisi Datar di MTs Al – Fajar Kandat Kabupaten Kediri Tahun Ajaran 2020/2021” ini ditulis oleh Ayub Abdullah, NIM. 12204173151, Jurusan Tadris Matematika Fakultas Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung, yang dibimbing oleh Samsul Bakri, S.Pd.I., M.Pd. Kata kunci: Disposisi Matematis, Kemampuan Siswa, Menyelesaikan Masalah. Disposisi matematis berkaitan dengan bagaimana siswa memandang dan menyelesaikan masalah apakah siswa tersebut percaya diri, tekun, minat, berfikir fleksibel untuk mengeksplorasi berbagai alternatif jawaban dalam menyelaesaikan masalah matematika dan mampu menemukan penyelesaian yang tepat dari masalah matematika. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk Mendeskripsikan disposisi matematis siswa yang berkemampuan tinggi dalam menyelesaikan masalah matematika Bangun Ruang Sisi Datar di MTs Al-Fajar Kandat (2) Untuk Mendeskripsikan disposisi matematis siswa yang berkemampuan sedang dalam menyelesaikan masalah matematika Bangun Ruang Sisi Datar di MTs Al-Fajar Kandat (3) Untuk Mendeskripsikan disposisi matematis siswa yang berkemampuan rendah dalam menyelesaikan masalah matematika Bangun Ruang Sisi Datar di MTs Al-Fajar Kandat. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif jenis studi kasus. Lokasi penelitian adalah MTs Al – Fajar Kandat. Subjek dalam penelitian ini adalah 2 siswa berkemampuan matematika tinggi, 2 siswa berkemampuan matematika sedang, 2 siswa berkemampuan matematika rendah. Pengumpulan data dilakukan dengan angket disposisi matematis, soal tes dan wawancara. Teknik analisis data dilakukan dengan beberapa tahapan yaitu mengolah dan menganalisis lebih detail dengan mengcoding data. Pengecekan keabsahan data dapat dilihat dari ketekunan/keajekan pengamat. Hasil penelitian memberikan kesimpulan bahwa : (1) Disposisi matematis siswa dengan kemampuan matematika tinggi dalam menyelesaikan masalah bangun ruang sisi datar memiliki rasa kepercayaan diri dalam menggunakan matematika untuk menyelesaikan masalah, memiliki minat, rasa ingin tahu dan daya temu dalam melakukan tugas matematika, Memonitor dan merefleksikan performance yang dilakukan, tekun mengerjakan tugas matematika, menilai aplikasi matematika dalam bidang lain dan dalam kehidupan sehari – hari, mengapresiasi peran matematikadalam kultur dan nilai matematika sebagai alat atau sebagai bahasa, fleksibilitas dalam menyelidiki gagasan matemats dan berusaha mencari metode alternatif dalam menyelesaikan masalah (2) Disposisi matematis siswa dengan kemampuan matematika sedang dalam menyelesaikan masalah bangun ruang sisi datar memiliki rasa kepercayaan diri dalam menggunakan matematika untuk menyelesaikan masalah, minat rasa ingin tahu dan daya temu dalam melakukan tugas matematika, Memonitor dan merefleksikan performance yang dilakukan, tekun mengerjakan tugas matematika, menilai aplikasi matematika dalam bidang lain dan dalam kehidupan sehari – hari, mengapresiasi peran matematika dalam kultur dan nilai matematika sebagai alat atau sebagai bahasa, fleksibilitas dalam menyelidiki gagasan matemats dan berusaha mencari metode alternatif dalam menyelesaikan masalah. Akan tetapi siswa yang memiliki kamampuan matematika sedang kurang minat, rasa ingin tahu dan daya temu dalam melakukan tugas matematika (3) Disposisi matematis siswa dengan kemampuan matematika rendah dalam menyelesaikan masalah bangun ruang sisi datar memiliki Memonitor dan merefleksikan performance yang dilakukan, tekun mengerjakan tugas matematika, menilai aplikasi matematika dalam bidang lain dan dalam kehidupan sehari – hari, mengapresiasi peran matematika dalam kultur dan nilai matematika sebagai alat atau sebagai bahasa, fleksibilitas dalam menyelidiki gagasan matemats dan berusaha mencari metode alternatif dalam menyelesaikan masalah. Akan tetapi siswa yang memiliki kamampuan matematika rendah tidak memiliki rasa kepercayaan diri dalam menggunakan matematika untuk menyelesaikan masalah dan kurang memiliki minat, rasa ingin tahu dan daya temu dalam melakukan tugas matematika.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika Matematika > Ruang |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | S 1 12204173151 AYUB ABDULLAH |
Date Deposited: | 05 Oct 2021 01:28 |
Last Modified: | 05 Oct 2021 01:28 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/22630 |
Actions (login required)
View Item |