AULIA OKTAVIDIANA DEWI MAYA, 12210173090 (2021) PROBLEMATIKA GURU BAHASA INDONESIA DALAM PEMBELAJARAN DARING PADA TEKS NARASI SELAMA MASA PANDEMI COVID-19 KELAS VII DI SMP NEGERI 1 SANANKULON. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (427kB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (146kB) |
||
Text
BAB I.pdf Download (206kB) |
||
Text
BAB II.pdf Download (400kB) |
||
|
Text
BAB III.pdf Download (183kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (279kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (220kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (89kB) | Preview |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA .pdf Download (301kB) |
Abstract
ABSTRAK Oktavidiana D.M, Aulia. NIM. 12210173090. Problematika Guru Bahasa Indonesia Dalam Pembelajaran Daring Pada Teks Narasi Selama Masa Pandemi COVID-19 Kelas VII Di SMP Negeri 1 Sanankulon. Skripsi. Tadris Bahasa Indonesia. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. IAIN Tulungagung. Pembimbing: Ibu Muyassaroh, S.S., M.Pd Kata kunci: Problematika Guru, Pembelajaran Daring, Teks Narasi Fenomena pembelajaran daring yang diberlakukan di seluruh sekolah di Indonesia selama masa pandemi COVID-19, menjadi problematika tersendiri bagi guru khususnya dalam pembelajaran daring pada teks narasi. Guru dituntut untuk mampu mengatasi problematika pembelajaran daring dengan keterbatasan yang ada. Untuk itu, diperlukan penelitian terakit apa saja yang menjadi problematika guru dalam pembelajaran daring pada teks narasi, apa penyebab problematika pembelajaran daring pada teks narasi dan bagaimana upaya guru dalam mengatasi problematika tersebut. Dari latar belakang tersebut, pertanyaan peneliti pada penelitian ini adalah: 1) Apa problematika guru dalam pembelajaran daring pada teks narasi selama masa pandemi COVID-19 kelas VII di SMP Negeri 1 Sanankulon? (2) Apa penyebab munculnya problematika guru dalam pembelajaran daring pada teks narasi selama masa pandemi COVID-19 kelas VII di SMP Negeri 1 Sanankulon? (3) Bagaimana upaya guru dalam mengatasi problematika pembelajaran daring pada teks narasi selama masa pandemi COVID-19 kelas VII di SMP Negeri 1 Sanankulon. Adapun tujuan penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan apa saja problematika guru dalam pembelajaran daring pada teks narasi, (2) Mendeskripsikan penyebab munculnya problematika guru dalam pembelajaran daring pada teks narasi, (3) Mendeskripsikan upaya guru dalam mengatasi problematika pembelajaran daring selama masa pandemi COVID-19 pada teks narasi. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Sumber data diambil dari hasil wawancara dengan guru bahasa Indonesia kelas VII dan observasi terkait situasi serta kondisi pembelajaran teks narasi selama masa pandemi COVID-19. Teknis analisis data yang digunakan meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Validasi data yang digunakan yaitu triangulasi waktu dan tringulasi antar sumber data. Penerapan triangulasi data dengan cara membandingkan dan mengecek kembali data informasi yang diperoleh melalui teknik pengumpulan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa problematika pembelajaran daring pada teks narasi adalah: (1) Guru kesulitan untuk mengoprasikan dan menguasai IT, (2) Guru harus menyesuaikan RPP sesuai dengan kondisi pandemi saat ini, (3) Guru kesulitan memantau kegiatan belajar siswa saat pembelajaran daring, (4) Guru kesulitan menyampaikan materi teks narasi, (5) Guru kewalahan mengoreksi tugas siswa yang cukup banyak, (6) Guru kesulitan mengukur kemampuan siswa saat pembelajaran dan kesulitan menyampaikan nilai dalam bentuk file, hal ini dikarenakan file yang dikirim berubah-ubah, (7) Guru kesulitan menyampaikan materi teks narasi pada bagian keterampilan, (8) Kebijakan sekolah yang hanya memperbolehkan menggunakan aplikasi WhatsApp untuk pembelajaran daring, hal ini dikarenakan tingkat ekonomi keluarga tergolong menengah kebawah, (9) Siswa kurang membaca dan mempelajari materi yang disampaikan oleh guru, sehingga siswa kurang paham akan materi yang diajarkan. Penyebab munculnya problematika daring pada teks narasi adalah: (1) sebagian siswa dan guru kurang memiliki keterampilan dalam mengoprasikan IT, (2) Siswa kurang merespon ketika kegiatan belajar mengajar, (3) siswa kurang membaca dan mempelajari materi yang disampaikan guru, sehingga banyak siswa kurang paham dengan materi yang diajarkan dan (4) keterbatasan siswa untuk membeli kuota. Sehubungan dengan hasil penelitian ini, upaya guru untuk mengatasi problematika tersebut adalah (1) Guru memberikan modul yang berisi materi pelajaran secara ringkas, (2) Guru menyampaikan materi melalui WhatsApp menggunakan pesan suara agar siswa paham materi yangdisampaikan oleh guru, (3) Guru memberikan umpan balik dan tanya jawab disela-sela pembelajaran dan diakhir pembelajaran, (4) Bagi siswa yang belum dapat mengoprasikan IT, guru meminta siswa untuk datang ke sekolah, (5) Guru memberi kesempatan waktu yang lebih lama kepada siswa untuk mengerjakan dan mengumpulkan tugas, dan (6) Guru memberikan motivasi dan pujian kepada siswa agar siswa lebih aktif dalam mengikuti pembelajaran
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Covid-19 Pendidikan > Daring Pendidikan > Guru Pandemi Pendidikan > Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Bahasa Indonesia |
Depositing User: | 12210173090 AULIA OKTAVIDIANA DEWI MAYA |
Date Deposited: | 07 Oct 2021 06:48 |
Last Modified: | 25 Nov 2021 03:37 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/22679 |
Actions (login required)
View Item |