TRI WIJAYANTI, 12204173041 (2021) KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL HOTS MATERI SISTEM PERSAMAAN LINIER DUA VARIABEL KELAS VIII DI MTsN 2 TRENGGALEK. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (773kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (513kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (308kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (388kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (630kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (583kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (726kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (98kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (460kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (685kB) | Preview |
Abstract
Skripsi dengan judul “Kemampuan Literasi Matematika Siswa dalam Menyelesaikan Soal HOTS Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Kelas VIII di MTsN 2 Trenggalek” ini ditulis oleh Tri Wijayanti, NIM. 12204173041, pembimbing Dr. Ummu Sholihah, S. Pd., M. Si. Kata Kunci: literasi matematika, soal HOTS, sistem persamaan linear dua variabel Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan literasi matematika dalam menyelesaikan soal PISA yang tercatat di dalam hasil studi PISA 2018. Literasi matematika merupakan kemampuan memahami dan menggunakan matematika dalam berbagai konteks dalam memecahkan masalah. Dalam kurikulum 2013, mata pelajaran matematika diharapkan tidak hanya membekali siswa dengan kemampuan untuk menggunakan perhitungan atau rumus dalam mengerjakan soal tes saja akan tetapi juga mampu melibatkan kemampuan bernalar dan analitisnya dalam memecahkan masalah sehari-hari. Pemecahan masalah ini tidak semata-mata masalah yang berupa soal rutin akan tetapi lebih kepada permasalahan yang dihadapi seharihari. Soal-soal matematika pada kurikulum 2013 kebanyakan adalah soal dengan tipe Higher Order Thinking Skill (HOTS). Soal dengan tipe HOTS adalah soal yang menuntut kemampuan berfikir tingkat tinggi dan melibatkan proses bernalar, sehingga dapat mengasah kemampuan berpikir kritis, logis, reflektif, metakognitif, dan kreatif. Soal-soal dengan tipe HOTS melatih siswa untuk berpikir dalam level analisis, evaluasi, dan mengkreasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk Mendeskripsikan kemampuan literasi matematika siswa dalam menyelesaikan soal hots materi sistem persamaan linear dua variabel kelas VIII di MTsN 2 Trenggalek. Pendekatan yang digunakan dalah kualitatif dengan jenis penelitian deskripsi. Subjek penelitian terdiri dari 6 siswa kelas VIII E di MTsN 2 Tenggalek. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan temuan dilakukan dengan cara ketekunan/keajegan peneliti, triangulasi dan teman sejawat. Hasil penelitian ini adalah Kemampuan literasi matematika siswa dalam menyelesaikan soal hots materi sistem persamaan linear dua variabel kedua siswa memenuhi tiga indikator yaitu indikator menggunakan solusi matematika, menafsirkan solusi matematika, dan merumuskan masalah. Kemudian ketiga siswa memenuhi dua indikator yaitu menggunakan solusi matematika, dan merumuskan masalah. Kesatu siswa memenuhi dua indikator yaitu menggunakan solusi matematika, dan menafsirkan solusi matematika.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | S1 12204173041 TRI WIJAYANTI |
Date Deposited: | 08 Oct 2021 03:05 |
Last Modified: | 08 Oct 2021 03:05 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/22693 |
Actions (login required)
View Item |