PERILAKU AGRESIF SISWA-SISWI MADRASAH IBTIDAIYAH (STUDI KASUS PADA SISWA-SISWI KELAS IV MI MUNJUNGAN 1 SUMBERAGUNG TRENGGALEK)

KHOLIP PATUR ROSIDAH, 17306163074 (2021) PERILAKU AGRESIF SISWA-SISWI MADRASAH IBTIDAIYAH (STUDI KASUS PADA SISWA-SISWI KELAS IV MI MUNJUNGAN 1 SUMBERAGUNG TRENGGALEK). [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (283kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (212kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (370kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (298kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (287kB) | Preview
[img] Text
BAB V.pdf

Download (107kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (158kB)

Abstract

ABSTRAK Judul skripsi:” Perilaku Agresif Siswa-Siswi Madrasah Ibtidaiyah (Studi kasus pada Siswa-Siswi kelas IV Sumberagung MI MUNJUNGAN 1”). Ditulis oleh Kholip Patur Rosidah dengan bimbingan Muhammad Sholihuddin Zuhdi, M.Pd. Pada masa ini (10-12 tahun) siswa berada pada peralihan masa kanak-kanak dan remaja awal. Pada usia ini siswa lebih senang belajar dengan temannya. Ada juga yang tidak menyukai pembelajaran karena karakter anak yang pemalu. Pada perilaku yang dilakukan siswa senang dengan pelajaran yang mudah sehingga jika mengalami kesulitan anak akan marah-marah pada orangtuanya. Perilaku ini merupakan bentuk emosi yang dilakukan dengan alasan yang tidak jelas. Perilaku siswa awalnya siswa melakukan ejekan kepada temannya dan ketika individu merasakan kesal mereka menyerang secara fisik dengan memukul, menendang atau mencubit . Ketika individu memiliki ciri-ciri tersebut terkadang anak akan melakukan perilaku agresif secara verbal maupun fisik. Dan pada saat hasil yang diketemukan siswa melakukan penyerangan karena anak tidak senang berlama-lama duduk didalam kelas. Saat belajar siswa mengalami kejenuhan karena anak senang belajar dengan benda atau alat yang digunakan untuk mengenalkan bagaimana menanam pohon dilingkungan sekolah bisa membuat suasana yang nyaman bagi siswa. Yang perlu dipelajari bahwa siswa pada usia sekolah dasar masih dituntun orangtuanya ketika mengalami perilaku agresif. Orangtua mempunyai otoritas tapi perilaku belajar sosial belum dipahami dengan benar karena proses adaptasi yang belum lancar. Studi kasus yang diberikan sebagai jenis penelitian yang digunakan dengan menggunakan pendekatan yang sesuai dengan pengaruh individu atau perilaku yang dipelajari siswa. Adapun hasil penelitian ini, (1) Terdapat dua bentuk perilaku agresif yang ada pada siswa kelas IV MI Munjungan 1Sumberagung Trenggalek berdasarkan temuan data yang ada di lapangan, yaitu: (a) Agresif verbal, yaitu: membantah, mengejek /membully, mengucap kata-kata kasar, serta mengancam, dan(b) Agresif fisik, berupa: memukul, melempar, serta berkelahi. Kata kunci: Perilaku agresif, Studi kasus

Item Type: Skripsi
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Bimbingan Penyuluhan Islam
Depositing User: 17306I63074 KHOLIP PATUR ROSIDAH
Date Deposited: 11 Oct 2021 03:11
Last Modified: 11 Oct 2021 03:11
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/22700

Actions (login required)

View Item View Item