PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN KIMIA BERBASIS INKUIRI TERBIMBING PADA MATERI IKATAN KIMIA KELAS X

FITRIA ANJARSARI, 12212173004 (2021) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN KIMIA BERBASIS INKUIRI TERBIMBING PADA MATERI IKATAN KIMIA KELAS X. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (592kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (301kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (292kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (356kB)
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (495kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (485kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (190kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (391kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengembangan Modul Pembelajaran Kimia Berbasis Inkuiri Terbimbing Pada Materi Ikatan Kimia Kelas X” ini ditulis oleh Fitria Anjarsari, NIM. 12212173004, Jurusan Tadris Kimia, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali RahamatullaH. Dosen Pembimbing Dra. Hj. Umy Zahroh, M. Kes, Ph. D. Kata Kunci: Modul Pembelajaran, Inkuiri Terbimbing, Ikatan Kimia Materi ikatan kimia merupakan salah satu materi yang bersifat abstrak dan memiliki tingkat kesulitan yang tinggi. Materi ikatan kimia menjadi penting karena merupakan aplikasi pemahaman materi sebelumnya yaitu konfigurasi elektron. Sebagian besar peserta didik mengalami kesulitan dalam menentukan struktur lewis dan elektron valensi sehingga dibutuhkan fasilitas yang menunjang proses pembelajaran serta sesuai dengan kurikulum yang menekankan pada pembelajaran inkuiri terbimbing. Pembelajaran kebanyakan menggunakan metode konvensional yaitu dengan metode ceramah. Keterlaksanaan suatu pembelajaran didukung dengan bahan ajar yang relevan, yaitu modul yang dapat digunakan secara mandiri oleh peserta didik ketika belajar. Berdasarkan hasil wawancara kepada guru mengemukakan bahwa modul berbasis inkuiri terbimbing pada materi ikatan kimia saat ini belum banyak dikembangkan. Oleh karena itu, penting dilakukan pengembangan modul berbasis inkuiri terbimbing yang memotivasi peserta didik untuk mengkonstruk pemahaman konsepnya pada materi ikatan kimia. Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk: 1) mengetahui kelayakan modul pembelajaran kimia berbasis inkuiri terbimbing pada materi ikatan kimia kelas X) mengetahui respon peserta didik terhadap modul pembelajaran kimia berbasis inkuiri terbimbing pada materi ikatan kimia kelas X. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D). Penelitian menggunakan prosedur Borg & Gall yang telah dimodifikasi menjadi 6 tahapan. Prosedur pengembangan tersebut meliputi potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk skal kecil. Instrumen yang digunakan berupa lembar validasi yang berisi kriteria penilaian untuk mengetahui kelayakan modul pembelajaran kimia, dan lembar angket respon dengan skala likert untuk mengetahui respon peserta didik. Analisis data yang dilakukan yaitu mengumpulkan data kualitatif dari dosen dan guru ahli materi, media, dan respon peserta didik kelas X. Berdasarkan hasil validasi ahli materi diperoleh hasil 85,26%, ahli media diperoleh hasil 92,00% dengan demikian produk yang dikembangkan dinyatakan sangat layak untuk digunakan. Setelah dilakukan validasi produk ke dosen ahli dan guru kimia kemudian produk di uji cobakan dengan skala kecil ke 17 peserta didik. Diperoleh respon peserta didik dengan presentase 84,14% dinyatakan dalam kriteria sangat layak, dengan demikian modul yang dikembangkan dalam uji coba skala kecil termasuk dalam kriteria sangat layak digunakan proses pembelajaran.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Pendidikan > Pendidikan Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Kimia
Depositing User: S1 12212173004 FITRIA ANJARSARI
Date Deposited: 12 Oct 2021 03:41
Last Modified: 12 Oct 2021 03:41
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/22751

Actions (login required)

View Item View Item