ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PADA MATERI TEKANAN ZAT SISWA KELAS VIII SMP MAMBAUL HISAN NGADILUWIH KEDIRI

SITI AFIDATUL KAROMAH, 12211173042 (2021) ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PADA MATERI TEKANAN ZAT SISWA KELAS VIII SMP MAMBAUL HISAN NGADILUWIH KEDIRI. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (705kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (282kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (435kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (677kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (411kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (250kB) | Preview
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (90kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (242kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena yang terjadi di lapangan bahwa kemampuan berpikir kreatif siswa dalam memecahkan masalah siswa kelas VIII SMP Mambaul Hisan Ngadiluwih Kediri tergolong kurang kreatif terutama pada materi tekanan zat, yang dibuktikan dengan hasil ulangan harian. Kemampuan berpikir kreatif siswa dapat dikembangkan dengan pemecahan masalah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan sikap yang mencerminkan kemampuan berpikir kreatif dan tingkat kemampuan berpikir kreatif siswa berdasarkan kemampuan tinggi, sedang dan rendah pada materi tekanan zat Kelas VIII SMP Mambaul Hisan Ngadiluwih Kediri. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Subjek penelitian berjumlah 22 siswa, kemudian dipilih 6 siswa sebagai subjek wawancara, yaitu dengan masing-masing 2 siswa kemampuan tinggi, sedang,dan rendah. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, tes, dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Sikap yang mencerminkan kemampuan berpikir kreatif siswa kemampuan tinggi pada sikap yang sangat kreatif dan kreatif. Sikap siswa kemampuan sedang pada sikap kreatif. Sikap siswa kemampuan rendah pada sikap cukup kreatif. (2) Tingkat berpikir kreatif siswa dengan kemampuan tinggi ada pada tingkat 3 (kreatif), siswa mampu memenuhi 3 aspek kemampuan berpikir kreatif. (3) Tingkat berpikir kreatif siswa dengan kemampuan sedang pada tingkat 2 (cukup kreatif), siswa mampu memenuhi 2 aspek kemampuan berpikir kreatif. (4) Tingkat berpikir kreatif siswa dengan kemampuan rendah ada pada tingkat 1 (kurang kreatif), hanya mampu memenuhi 1 aspek kemampuan berpikir kreatif. Selain itu ada siswa yang berada pada tingkat 0, dimana siswa tidak mampu menunjukkan keempat aspek berpikir kreatif.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Fisika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Fisika
Depositing User: 12211173042 Siti Afidatul Karomah
Date Deposited: 12 Oct 2021 08:14
Last Modified: 12 Oct 2021 08:14
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/22756

Actions (login required)

View Item View Item