PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBENTUK AKHLAKUL KARIMAH PESERTA DIDIK DI SMA NEGERI 1 SUTOJAYAN BLITAR

ARIEF YULLY TANTONI, 12201173305 (2021) PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBENTUK AKHLAKUL KARIMAH PESERTA DIDIK DI SMA NEGERI 1 SUTOJAYAN BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (306kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (265kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (156kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (409kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (496kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (235kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (193kB) | Preview
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (10kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (142kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Akhlakul Karimah Peserta Didik di SMAN 1 Sutojayan Blitar” ini di tulis oleh Arief Yully Tantoni, NIM. 12201173305, Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung 2021. Dosen pembimbing: Dr. H. Zaini Fasya, S.Ag, M.Pd.I Kata kunci : Peran guru pendidikan agama Islam, akhlakul karimah Fenomena yang terjadi di masyarakat saat ini menunjukkan bangsa indonesia tengah menghadapi kemerosotan moral yang cukup parah dan menjadi persoalan yang cukup serius. Pengetahuan peserta didik tentang nilai ajaran akhlak dapat mempengaruhi dalam berbuat dan bertingkah laku. Peneliti menghubungkan peran guru PAI dalam membentuk akhlakul karimah peserta didik di SMAN 1 Sutojayan Blitar. Pertanyaan penelitian, (1) Bagaimana peran guru pendidikan agama Islam sebagai inspirator dalam membentuk akhlakul karimah peserta didik di SMA Negeri 1 Sutojayan Blitar? (2) Bagaimana peran guru pendidikan agama Islam sebagai motivator dalam membentuk akhlakul karimah peserta didik di SMA Negeri 1 Sutojayan Blitar? (3) Bagaimana peran guru pendidikan agama Islam sebagai fasilitator dalam membentuk akhlakul karimah peserta didik di SMA Negeri 1 Sutojayan Blitar? Tujuan penelitian, (1) Untuk memaparkan peran guru pendidikan agama Islam sebagai inspirator dalam membentuk akhlakul karimah peserta didik di SMA Negeri 1 Sutojayan Blitar (2) Untuk memaparkan peran guru pendidikan agama Islam sebagai motivator dalam membentuk akhlakul karimah peserta didik di SMA Negeri 1 Sutojayan Blitar (3) Untuk memaparkan peran guru pendidikan agama Islam sebagai fasilitator dalam membentuk akhlakul karimah peserta didik di SMA Negeri 1 Sutojayan Blitar Metode penelitian kualitatif. Jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumen. Analisis data dilakukan dengan teknik reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dengan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan dan triangulasi. Hasil penelitian, (1) peran guru pendidikan agama Islam sebagai inspirator dalam membentuk akhlakul karimah peserta didik di SMA Negeri 1 Sutojayan Blitar adalah guru selalu memberikan bimbingan dan inspirasi dalam berperilaku baik dan memberikan contoh sholat berjamaah, menjadi penceramah dan pemateri dalam kegiatan keagamaan, selalu mengucapkan salam pada saat pelajaran akan dimulai membaca doa dan surat-surat pendek alquran, pada akhir pembelajaran guru memberikan motivasi untuk selalu berperilaku baik. (2) peran guru pendidika agama Islam sebagai motivator dalam membentuk akhlakul karimah peserta didik di SMA Negeri 1 Sutojayan Blitar adalah guru memotivasi peserta didik untuk bertoleransi, menghargai, sholat berjamaah, motivasi peserta didik dengan memberikan hadiah dan selalu mengadakan tadarus alquran setiap pagi, berdoa sebelum dan sesudah kegiatan pembelajaran. (3) peran guru pendidikan agama Islam sebagai fasilitator dalam membentuk akhlakul karimah peserta didik di SMA Negeri 1 Sutojayan Blitar adalah melakukan pendekatan kepada peserta didik untuk mengetahui karakter, sikap dan kebiasaan peserta didik dan memberikan bimbingan, memberikan fasilitas dengan lingkungan yang agamis yang dekat dengan pesantren, mendampingi dan mengarahkan siswa yang kesulitan belajar dalam melakukan praktek baca tulis alquran dan sholat.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam
Pendidikan > Pendidikan Menengah Atas
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 12201173305 ARIEF YULLY TANTONI
Date Deposited: 14 Oct 2021 03:32
Last Modified: 14 Oct 2021 03:32
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/22781

Actions (login required)

View Item View Item