DYAH AYU KURNIAWATI, 17205163266 (2021) PERAN GURU DALAM MENERAPKAN PEMBELAJARAN ONLINE VIA WHATSAPP PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS V MI PLUS AL-AZHAR BLITAR. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (536kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (687kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (172kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (544kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Download (519kB) |
||
Text
BAB III.pdf Download (433kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Download (540kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (449kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (172kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (398kB) | Preview |
Abstract
Pandemi Covid-19 merupakan salah satu virus penyakit yang dapat menular secara langsung maupun tidak langsung. Virus Covid-19 telah menyebar di belahan dunia, termasuk Indonesia. Virus ini membawa dampak negatif, salah satunya di bidang pendidikan yaitu berhentinya proses belajar mengajar secara tatap muka, sehingga diganti dengan pembelajaran sistem daring. Hal ini dilakukan untuk menerapkan kebijakan physical distancing. Salah satu alternatif yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran secara daring yaitu menggunakan aplikasi WhatsApp. Penggunaan aplikasi WhatsApp ini dianggap lebih praktis karena unit pada aplikasi ini sudah efisien untuk digunakan dalam proses belajar mengajar jika dibandingkan dengan aplikasi lainnya. Fokus penelitian ini yaitu (1) Bagaimana Pembelajaran Matematika melalui WhatsApp di kelas 5 MI Plus Al Azhar Blitar selama pandemi Covid-19? (2) Bagaimana peran guru Matematika sebagai fasilitator, pembimbing, motivator, dan komunikator dalam menerapkan pembelajaran Online Via WhatsApp pada mata pelajaran Matematika di kelas 5 MI Plus Al Azhar Blitar selama pandemi Covid-19? (3) Apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam menerapkan pembelajaran Online Via WhatsApp pada mata pelajaran Matematika di Kelas 5 MI Plus Al Azhar Blitar selama pandemi Covid-19? Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian lapangan (field research). Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif. Subyek penelitian Kepala MI Plus Al-Azhar Blitar, Guru Matematika Kelas 5 MI Plus Al-Azhar Blitar, Siswa kelas 4 MI Plus Al-Azhar Blitar. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, interview serta dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan reduksi data, model data, penarikan kesimpulan. Untuk keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian (1) pembelajaran Matematika kelas V dilakukan secara online melalui aplikasi WhatsApp. (2) Peran guru Matematika adalah sebagai fasilitator seperti mengomando, sebagai pembimbing mendampingi dan mengarahkan siswa, sebagai motivator guru mendorong dan mendukung, serta sebagai komunikator guru bersikap terbuka. (3) Faktor pendukungnya adalah waktu belajar yang tidak terbatas, sumber bisa melalui video, fasilitas madrasah yang memadai, adanya dukungan dari semua pihak, antusias siswa dalam mengikuti program madrasah yang berkaitan dengan pembelajaran online via WhatsApp. Sedangkan faktor penghambatnya adalah guru tidak bisa memantau proses belajar siswa ketika berada di rumah, tidak adanya pendampingan siswa saat belajar daring karena orang tua bekerja, koneksi internet yang buruk, dan ada beberapa siswa yang tidak mengikuti proses pembelajaran dengan baik.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 17205163266 Dyah Ayu Kurniawati |
Date Deposited: | 15 Oct 2021 05:39 |
Last Modified: | 15 Oct 2021 05:39 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/22806 |
Actions (login required)
View Item |