HENCI SELVIASARI, 12208173045 (2021) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN ONLINE MATERI KINGDOM ANIMALIA PADA SISWA KELAS X DI SMAN 1 DURENAN TAHUN PELAJARAN 2020/2021. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (611kB) | Preview |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (378kB) |
||
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (17kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (351kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (525kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (504kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Download (789kB) |
||
Text
BAB V.pdf Download (347kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Download (105kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (212kB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Implementasi Pembelajaran Online Materi Kingdom Animalia Pada Siswa Kelas X di SMAN 1 Durenan Tahun Pelajaran 2020/2021” ini ditulis oleh Henci SelviaSari, NIM 12208173045 Jurusan Tadris Biologi, Fakultas Tarbiyan dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung yang dibimbing oleh Nanang Purwanto, M.Pd. Kata kunci : Kesulitan Belajar, Pembelajaran Online, Kingdom Animalia Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh sebuah fakta bahwa kondisi pandemi saat ini mengakibatkan proses pembelajaran yang dilaksanakan di kelas X SMAN 1 Durenan berlangsung secara daring atau online. Dalam kegiatan belajar mengajar secara online tersebut peserta didik mengalami kesulitan dalam belajar, terlebih pada materi kingdom Animalia. Kesulitan belajar yang dialami siswa kelas X SMAN 1 Durenan dapat disebabkan berbagai faktor. Kesulitan-kesulitan belajar yang dialami siswa kelas X SMAN 1 Durenan harus diketahui oleh guru mata pelajaran, untuk kemudian mencari solusi yang tepat dalam mengatasi kesulitan belajar tersebut. Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan perencanaan pembelajaran online yang dilakukan guru Biologi SMAN 1 Durenan Trenggalek (2) Mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran online materi kingdom animalia pada siswa kelas X di SMAN 1 Durenan.(3) Mendeskripsikan kesulitan pembelajaran online yang dialami siswa kelas X di SMAN 1 Durenan dalam memahami materi Kingdom Animalia (4) Mendeskripsikan faktor-faktor yang menyebabkan siswa kelas X SMAN 1 Durenan mengalami kesulitan belajar online dalam memahami materi Kingdom Animalia (5) Mendeskripsikan upaya-upaya dalam mengatasi kesulitan pembelajaran online materi kingdom animalia pada siswa kelas X di SMAN 1 Durenan. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif, dengan teknik pengumpulan data melalui angket yang disebar kepada siswa menggunakan google formulir melalui google classroom dan whatsapp untuk mengetahui penyebab kesulitan belajar yang dialami siswa kelas X SMAN 1 Durenan dalam mempelajari biologi materi kingdom animalia, wawancara mendalam dengan guru mata pelajaran Biologi untuk menggali data tentang kesulitan pembelajaran online peserta didik, penyebab kesulitan pembelajaran peserta didik dan solusi untuk mengatasi kesulitan belajar peserta didik, dan observasi partisipasi, yaitu peneliti mengamati secara langsung terkait proses pelaksanaan pembelajaran online materi kingdom animalia, sikap dari guru dan siswa saat proses pembelajaran online materi kingdom animalia. Teknik pemilihan partisipan menggunakan nonprobability sampling dengan pendekatan purposive sampling. Dalam penelitian ini populasi siswa adalah seluruh kelas X IPA SMA Durenan berjumlah 211 siswa dengan sampel penelitian siswa kelas X1, X3 dan X6 di SMAN 1 Durenan berjumlah 107 siswa yang dianggap mewakili dapat memberi informasi mengenai profil kesulitan belajar materi kingdom Animalia. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan model analisis data Miles dan Huberman. Miles dan Huberman yaitu data reduction, data display dan cosclusion drawing/ verivication. Pengecekan keabsahan temuan menggunakan ketekunan pengamatan, triangulasi, dan pengecekan sejawat. Hasil penelitian adalah (1) Perencanaan Pembelajaran online yang dilaksanakan oleh guru Biologi SMAN 1 Durenan Trenggalek berupa persiapan yang dilakukan guru membuat RPP Daring satu lembar yang memuat persiapan media pembelajaran, sumber belajar, dan kegiatan pembelajaran yaitu kegiatan pendahuluan, kegiatan inti dan kegiatan penutup serta melakukan penilaian atau evaluasi (2) Pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan di SMAN 1 Durenan Trenggalek adalah dengan memanfaatkan platform digital menggunakan google classroom dan grub WhatsApp. Guru memberikan materi atau tugas melalui google classroom berupa teks, video, atau link. Siswa membuat folder drive atau folder tugas dan mengirimkan linknya, link tersebut akan digunakan untuk mempermudah pengumpulan tugas(3)Kesulitan pembelajaran online siswa kelas X di SMAN 1 Durenan Trenggalek faktor yang berasal dari luar disebabkan karena faktor internal yaitu faktor kesulitan yang muncul dari dalam diri siswa dan faktor eksternal yaitu faktor yang kesulitan yang muncul dari luar diri siswa (4)Faktor penyebab kesulitan belajar siswa kelas X di SMAN 1 Durenan Trenggalek meliputi (a) Kurangnya minat dan motivasi belajar siswa, (b) Kurangnya penguasaan materi (c) Kurangnya semangat siswa (d) Kurangnya pengawasan orangtua, (e)Lingkungan rumah yang tidak kondusif (f) Kurangnya media /alat pembelajaran, (g) Gaya mengajar guru membosankan (h) Kurangnya sarana prasarana (5) Upaya dalam mengatasi faktor kesulitan belajar siswa kelas X di SMAN 1 Durenan Trenggalek antara lain (a) Memberikan reward atau penghargaan dalam bentuk hadiah, pujian atau ucapan selamat ketika siswa berhasil menyelesaikan tugasnya (b) Membuat bimbingan online dengan melalui perbaikan cara belajar siswa dan melalui peningkatan motivasi belajar, penanaman prinsip-prinsip belajar (c) Memberikan motivasi pembelajaran dan pemberian nasehat bahwa diperlukan semangat untuk maju agar dapat meraih kesuksesan. (d) Menjalin komunikasi dengan orangtua siswa melalui paguyuban sekolah (e) Melibatkan konseling melalui bimbingan pribadi sosial untuk mengkomunikasikan keadaan di lingkungan rumah untuk membentuk kesadaran orangtua (f) Kreatif dengan merancang rencana pembelajaran dan materi yang simpel tapi berbobot atau berkualitas (g) Mengubah cara mengajar yang monoton yaitu dengan menerapkan variasi mengajar, variasi media bahan pengajaran, variasi interaksi guru dan siswa (h) Memenuhi sarana dan prasarana yang belum dimiliki.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Biologi > Hewan Pendidikan > Pendidikan Menengah Atas Biologi |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi |
Depositing User: | 12208173045 HENCI SELVIASARI |
Date Deposited: | 21 Oct 2021 04:31 |
Last Modified: | 21 Oct 2021 04:31 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/22877 |
Actions (login required)
View Item |