ANING TURDIANI, 12201173172 (2021) PERAN GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MEMBINA KECERDASAN SPIRITUAL PESERTA DIDIK DI MTs DARUL FALAH BENDILJATI KULON SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Download (1MB) |
||
Text
BAB VI.pdf Download (1MB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan Judul “Peran Guru Akidah Akhlak dalam Membina Kecerdasan Spiritual Peserta Didik di MTs Darul Falah Bendiljati Kulon Sumbergempol Tulungagung” ini ditulis oleh ANING TURDIANI, Pendidikan Agama Islam (PAI), NIM. 12201173172 Tahun 2021 dibimbing oleh Annas Ribab Sibilana M.Pd.I Kata Kunci: Peran Guru, Akidah Akhlak, Kecerdasan Spiritual Peran guru akidah akhlak dalam membina kecerdasan spiritual peserta didik di MTs Darul Falah Bendiljati Kulon Sumbergempol Tulungagung. Seorang pendidik itu mempunyai peran yang sangat penting dalam dunia pendidikan terutama dalam pendidikan Islam. Penanaman kecerdasan spiritual perlu diterapkan. Seorang guru tidak hanya mengajar melalui materi saja melainkan dengan cara mengimplemantasikan dalam kehidupan sehari-hari. Sehingga peserta didik tidak hanya pandai dengan teori saja tetapi juga akan tercermin pada perilaku siswa sehari-harinya. Oleh karena itu, dalam membina kecerdasan spiritual ini penting untuk meningkatkan kualitas peserta didik. Karena dunia pendidikan saat ini hanya membina kecerdasan intelektualnya saja tanpa diimbangi dengan kecerdasan spiritualnya. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mendeskripsikan peran guru akidah akhlak sebagai pengajar dalam membina kecerdasan spiritual peserta didik di MTs Darul Falah Bendiljati Kulon Sumbergempol Tulungagung, (2) Untuk mendeskripsikan peran guru akidah akhlak sebagai fasilitator dalam membina kecerdasan spiritual peserta didik di MTs Darul Falah Bendiljati Kulon Sumbergempol Tulungagung, (3) Untuk mendeskripsikan peran guru akidah akhlak sebagai motivator dalam membina kecerdasan spiritual peserta didik di MTs Darul Falah Bendiljati Kulon Sumbergempol Tulungagung. Metode penelitian yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus untuk mengumpulkan data peneliti menggunakan observasi, wawancara mendalam, dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data pada penelitian ini meliputi: Triangulasi dan Perpanjangan penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Peran guru akidah akhlak sebagai pengajar meliputi: pembinaan kecerdasan melalui kegiatan keagamaan dan melalui kisah yang diambil hikmahnya contohnya guru mengajak peserta didik sebelum memulai pelajaran untuk melaksanakan sholat dhuha secara berjamaah, membaca surat yasin, mengucapkan salam ketika masuk kelas, membaca doa. Ketika mengajar guru mengaitkan materi dengan pengalaman kehidupan para Nabi, wali serta pengalaman kehidupan sehari-hari, setiap hari sabtu ada kegiatan mengaji. (2) Peran guru akidah akhlak sebagai fasilitator meliputi: guru bersikap terbuka dan akrab, menciptakan suasana belajar yang menarik, adanya kurikulum madrasah Murrotilil Quran. (3) Peran guru akidah akhlak sebagai motivator meliputi: Sebelum pembelajaran dimulai guru memberikan apersepsi, memberikan pujian dan hukuman yang sifatnya mendidik, Mendorong peserta didik untuk menemukan tujuan hidup melalui al-Quran.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Guru Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah Pendidikan > Pendidikan Karakter |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | S1 12201173172 ANING TURDIANI |
Date Deposited: | 08 Nov 2021 06:13 |
Last Modified: | 08 Nov 2021 06:13 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/22886 |
Actions (login required)
View Item |