MISIYAH, 12206173062 (2021) PENGARUH PERAN ORANG TUA DALAM MENDAMPINGI ANAK BERMAIN PUZZLE DAN MEMBUAT KERAJINAN TANGAN TERHADAP KECERDASAN KOGNITIF ANAK USIA 4-5 TAHUN PADA MASA PANDEMI COVID - 19 DI RA AL KHODIJAH PURWOREJO. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (90kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (9kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (198kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (456kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (191kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (245kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (134kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (101kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (261kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Misiyah. 12206173062. 2021. “Pengaruh Peran Orang Tua Dalam Mendampingi Anak Bermain Puzzle dan Kerajinan Tangan Terhadap Kecerdasan Kognitif Anak Usia 4-5 Tahun Pada Masa Pandemi Covid -19 di RA Al Khodijah Purworejo“. Jurusan Pendidikan Anak usia Dini, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung, Pembimbing: Dr. Adi Wijayanto.M.Pd. Kata Kunci : Peran orang tua, Bermain Puzzle, Bermain Kerajinan Tangan, Kecerdasan Kognitif Anak Usia 4-5 Tahun. Kemampuan kognitif anak akan terus berkembang melalui proses pendidikan yang bertahap. Pandemi Covid-19 membuat proses belajar termasuk di tingkat RA mengalami perubahan dengan pembelajaran di rumah. Pembelajaran anak usia dini megutamakan menggunakan permainan sebagai media belajar yang menyenangkan. Permainan yang dapat diterapkan pada anak adalah bermain puzzle dan kerajinan tangan. Orang tua berperan dalam proses pembelajaran anak usia dini di rumah. Tujuan penelitian adalah: 1) Menganalisis pengaruh peran orang tua dalam mendampingi anak bermain puzzle terhadap kemampuan kognitif pada anak anak usia 4-5 tahun pada masa pandemi covid -19 di RA Al Khodijah Purworejo, 2) Menganalisis pengaruh peran orang tua dalam mendampingi anak dalam membuat kerajinan tangan terhadap kemampuan kognitif anak usia 4-5 tahun pada masa pandemi covid -19 di RA Al Khodijah Purworejo, 3) Menganalisis perbedaan pengaruh peran orang tua dalam mendampingi anak bermain puzzle dan membuat kerajinan tangan terhadap kemampuan kognitif anak usia 4-5 tahun pada masa pandemi covid-19 di RA Al Khodijah Purworejo. Pendekatan penelitian adalah kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimen. Populasi penelitian seluruh siswa yng bersekolah pada RA Al Khodijah Purworejo yang berjumlah 44 siswa. Sampel diambil dengan teknik total sampling kelas A1 sejumlah 22 sebagai kelompok bermain puzzle/ eksperimen dan A2 sejumlah 22 sebagai kelompok kerajinan tangan/ kontrol. Variabel bebas permainan puzzle (X1) dan kerajinan tangan (X2), variabel terikat kecerdasan kognitif anak (Y). Uji statistic menggunakan uji paired sample t test dan independent sample t-test. Hasil penelitian didapatkan: 1) Ada pengaruh peran orang tua dalam mendampingi anak bermain puzzle terhadap kecerdasan kognitif pada anak anak usia 4-5 tahun pada masa pandemi covid -19 di, dimana hasil uji paired t test didapatkan p value 0,000 < 0,05. 2) Ada pengaruh pengaruh peran orang tua dalam mendampingi anak dalam membuat kerajinan tangan terhadap kecerdasan kognitif anak usia 4-5 tahun pada masa pandemi covid -19 dimana uji paired t test didapatkan p value 0,000 < 0,05. 3) Ada perbedaan pengaruh peran orang tua dalam mendampingi anak bermain puzzle dan membuat kerajinan tangan terhadap perkembangan kognitif anak usia 4-5 tahun pada masa pandemi covid-19 di RA Al Khodijah Purworejo, dimana uji independen t test didapatkan p value 0,000 < 0,05.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > PAUD |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Raudlatul atfal |
Depositing User: | 12206173062 MISIYAH |
Date Deposited: | 25 Oct 2021 02:48 |
Last Modified: | 25 Oct 2021 02:48 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/22910 |
Actions (login required)
View Item |