PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF POWER POINT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI MATERI SISTEM PERNAPASAN PADA SISWA KELAS XI MIPA DI MAN 1 TRENGGALEK TAHUN PELAJARAN 2020/2021

KHOLIFATUL ULFA, 12208173026 (2021) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF POWER POINT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI MATERI SISTEM PERNAPASAN PADA SISWA KELAS XI MIPA DI MAN 1 TRENGGALEK TAHUN PELAJARAN 2020/2021. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (750kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (259kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (534kB)
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (424kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (560kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (302kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (308kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Power Point untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Materi Sistem Pernapasan pada Siswa Kelas XI MIPA di MAN 1 Trenggalek Tahun Pelajaran 2020/2021” ini ditulis oleh Kholifatul Ulfa, NIM. 12208173026 Jurusan Tadris Biologi, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung yang dibimbing oleh Nanang Purwanto, M.Pd. Kata Kunci: Pengembangan Media Pembelajaran, Multimedia Interaktif Power Point, Materi Sistem Pernapasan Penelitian pengembangan dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh masih banyaknya siswa yang kurang menguasai materi sistem pernapasan. Salah satu penyebabnya adalah kurang tersedianya media pembelajaran saat proses pembelajaran. Media pembelajaran adalah alat bantu atau sarana yang digunakan untuk menyalurkan pesan-pesan atau informasi yang bersifat intruksional atau mengandung maksud-maksud tertentu. Selain itu media pembelajaran juga bertujuan untuk memperjelas penyajian pesan dan informasi sehingga memperlancar dan meningkatkan proses dan hasil belajar. Namun selama ini proses pembelajaran oleh guru masih lebih dominan menggunakan metode konvensional. Pada penelitian ini, peneliti menghubungkan masalah ketersediaan media pembelajaran dengan proses pembelajaran yang dapat membantu meningkatkan hasil belajar peserta didik, sehingga peneliti mengembangkan media pembelajaran untuk mempelajari materi sistem pernapasan yaitu multimedia interaktif Power Point. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan kelayakan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif Power Point materi sistem pernapasan pada siswa kelas XI MIPA di MAN 1 Trenggalek, dan (2) mendeskripsikan keefektifan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif Power Point materi sistem pernapasan pada siswa kelas XI MIPA di MAN 1 Trenggalek. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan dengan menggunakan model pengembangan ADDIE. Model ADDIE ini terdiri dari 5 tahapan, yaitu tahap Analysis (analisis), tahap Design (desain/ perancang), tahap Development (pengembangan), tahap Implementation (implementasi/ eksekusi), dan tahap Evaluation (evaluasi/ umpan balik). Adapun populasi penelitian adalah peserta didik kelas XI MIPA, sedangkan sampel penelitian adalah siswa kelas XI MIPA 2. Desain uji coba dalam penelitian ini adalah desain Pre-Experimental Design (nondesign) dengan bentuk One-Group Pretest-Posttest. Metode pengumpulan data berupa angket, wawancara, observasi, dan tes. Media pembelajaran berbasis multimedia interaktif Power Point yang dibuat oleh peneliti dengan mengkombinasikan macam-macam obyek multimedia, yaitu teks, gambar, animasi, video, kombinasi warna, dan tombol interaktif. Proses penyusunan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif Power Point terdiri dari beberapa komponen, yaitu halaman intro, halaman menu utama, halaman home, halaman KD, halaman tujuan, halaman materi, halaman video, halaman kuis, halaman daftar rujukan, dan halaman penutup. Hasil penelitian ini diperoleh: (1) Hasil uji kelayakan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif Power Point dilakukan oleh 3 validator, yaitu dosen ahli materi, dosen ahli media, dan guru Biologi kelas XI MIPA. Hasil penelitian validator ahli materi memperoleh hasil sebesar 86% dengan kriteria sangat valid, dapat digunakan tanpa revisi. Hasil penelitian validator ahli media memperoleh hasil sebesar 98% dengan kriteria sangat valid, dapat digunakan tanpa revisi. Sedangkan hasil validator guru Biologi kelas XI MIPA memperoleh hasil sebesar 90% dengan kriteria sangat valid, dapat digunakan tanpa revisi. (2) Hasil uji coba produk untuk mengetahui efektifitas media pembelajaran berbasis multimedia interaktif Power Point dengan menggunakan angket tanggapan siswa terhadap produk dan tes berupa pre-test dan post-test untuk mengukur hasil belajar peserta didik. Hasil angket tanggapan siswa terhadap produk memperoleh rata-rata nilai sebesar 60,5 dengan hasil persentase sebesar 86,43% dengan kriteria sangat efektif digunakan sebagai media belajar untuk mempelajari materi sistem pernapasan Manusia. Sedangkan perbandingan rata-rata nilai hasil belajar siswa pre-test dengan post-test adalah 84 ˃ 54,5. Nilai rata-rata hasil belajar post-test lebih tinggi daripada rata-rata hasil belajar pre-test. Selanjutnya berdasarkan hasil perhitungan melalui SPSS dengan menggunakan Uji Paired Sample Test diperoleh signifikansi sebesar 0,000 dengan taraf signifikansi 5% atau 0,05 sehingga hasilnya 0,000 < 0,05. Hasil signifikansi menunjukkan kurang dari 0,05 sehingga hasilnya hipotesis diterima dengan kesimpulan bahwa media pembelajaran berbasis multimedia interaktif Power Point efektif sebagai media belajar untuk mempelajari materi sistem pernapasan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam > Madrasah aliyah
Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: 12208173026 KHOLIFATUL ULFA
Date Deposited: 25 Oct 2021 03:12
Last Modified: 25 Oct 2021 03:12
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/22916

Actions (login required)

View Item View Item