SYLVIA RAHMAN, 12205173173 (2021) UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN EFEKTIVITAS BELAJAR PESETA DIDIK DENGAN MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN DARING DI MASA PADEMI COVID-19 MIN 7 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (945kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (148kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (35kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (229kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (316kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (147kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (773kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (196kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (41kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (178kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Sylvia Rahman, NIM: 12205173173. 2021. Upaya Guru dalam Meningkatkan Efektivitas Belajar Peserta Didik dengan Menggunakan Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19 MIN 7 Tulungagung. Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung. Dibimbing oleh Dr. Khoirul Anam M.Pd.I Kata Kunci: Upaya Guru, Efektivitas Belajar, Pembelajaran Daring. Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya penurunan antusiasme peserta didik dalam mengikuti kegiatan pembelajaran, hal tersebut diakibatkan oleh penggunaan aplikasi belajar yang kurang bervariasi, sehingga memunculkan permasalahan yaitu menurunnya efektivitas belajar peserta didik. Untuk itu guru perlu memberikan upaya agar pembelajaran berjalan efektif. Dalam pembelajaran daring pada masa pademi Covid-19 ini guru dan siswa sangat berperan penting. Untuk efektifnya pembelajaran menggunakan pembelajaran daring ini. Suatu pembelajaran dikatakan efektif jika sudah memenuhi beberapa indikator diantaranya yaitu pengorganisasian materi yang baik, komunikasi yang efektif, penguasaan terhadap materi pelajaran, sikap positif terhadap peserta didik, pemberian nilai yang adil, keluwesan dalam pendekatan pembelajaran dan hasil belajar peserta didik. Selain itu, penggunaan aplikasi belajar yang bervariasi seperti group whatsapp, zoom meeting dan e-learning sangat berpengaruh terhadap meningkatnya efektivitas belajar peserta didik. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimanakah upaya guru dalam meningkatkan efektivitas belajar peserta didik menggunakan media group whatsapp di masa pademi Covid-19 MIN 7 Tulungagung?, 2) Bagaimanakah upaya guru dalam meningkatkan efektivitas belajar peserta didik menggunakan Elearning di masa pademi Covid-19 MIN 7 Tulungagung?, 3) Bagaimanakah upaya guru dalam meningkatkan efektivitas belajar peserta didik menggunakan aplikasi zoom meeting di masa pademi Covid-19 MIN 7 Tulungagung? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Lokasi penelitiannya di MIN 7 Tulungagung. Sumber data diperoleh dari dua jenis yaitu sumber data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara tak terstruktur, observasinon partisipan dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan data menggunakan perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan, triangulasi dan pemeriksaan sejawat. Hasil penelitiannya: 1)Upaya guru dalam meningkatkan efektivitas belajar peserta didik menggunakan aplikasi group whatsapp di masa pademi Covid-19 MIN 7 Tulungagung dilakukan dengan mengelompokkan materi yang saling berkaitan menjadi satu, membangun komunikasi yang efektif dengan peserta didik, menyajikan materi dalam bentuk gambar atau video, mengembangkan sikap postif dengan memberikan reward ke peserta didik, memberikan nilai secara adil, menggunakan pendekatan pembelajaran secara tepat sesuai dengan isi materi, danmemberikan punishment berupa tugas tambahan bagi siswa yang tidak mengumpulkan tugas. 2) Upaya guru dalam meningkatkan efektivitas belajar peserta didik menggunakan e-learning di masa pademi Covid-19 MIN 7 Tulungagung dilakukan dengan mengelompokkan materi, membangun komunikasi yang efektif dengan cara menyajikan penjelasan berupa video, memberikan latihan soal dengan batasan waktu, memberikan nilai yang adil sesuai dengan skor yang diperoleh siswa, menggunakan pendekatan kontekstual dengan menyajikan materi disertai gambar dan video yang berkaitan dengan kehidupan siswa sehai-hari. 3) Upaya guru dalam meningkatkan efektivitas belajar peserta didik menggunakan aplikasi zoom meeting di masa pademi Covid- 19 MIN 7 Tulungagung dilakukan denganmelakukan pengelompokkan atau pengorganisasian materi, membangun komunikasi yang efektif dengan bertatap muka secara virtual, menyajikan materi berupa gambar, video dan memberikan quiz, memberikan reward, mengembangkan sikap positif, memberikan nilai yang adil dengan memberikan soal latihan, menggunakan pendekatan saintifik dalam pembelajaran melalui zoom meeting dan mendemonstrasikan materi melalui zoom meeting.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Covid-19 Pendidikan > Daring Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah Pandemi Pendidikan > Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 12205173173 SYLVIA RAHMAN |
Date Deposited: | 29 Oct 2021 01:19 |
Last Modified: | 29 Oct 2021 01:19 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/22972 |
Actions (login required)
View Item |