IMPLEMENTASI KURIKULUM PROGRAM MADRASAH DINIYAH DI IAIN TULUNGAGUNG

VINA FAUZIATUN NISA', 17201163450 (2020) IMPLEMENTASI KURIKULUM PROGRAM MADRASAH DINIYAH DI IAIN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (940kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (354kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (424kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (628kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (262kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (303kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (405kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Vina Fauziatun Nisa’. NIM 17201163450. “Implementasi Kurikulum Program Madrasah Diniyah di IAIN Tulungagung”. Skripsi Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, Pembimbing Dr. Muhamad Zaini, MA. Kata Kunci : Implementasi, Kurikulum, Madrasah Diniyah. Penelitian ini dilatar belakangi dengan penerapan kurikulum dalam proses pembelajaran di Madrasah Diniyah yang ada di IAIN Tulungagung. Madrasah Diniyah umumnya didirikan oleh lembaga non-formal tetapi madrasash diniyah yang merupakan program dari IAIN Tulungagung diadakan dengan target utama adalah mahasiswa baru yang masuk dan diwajibkan mengikuti program ini selama 2 semester untuk mengatasi masalah mahasiswa yang berasal dari berbagai macam latar belakang pendidikan yang berbeda sebelumnya dengan menerapkan kurikulum yang sudah dipersiapkan sesuai bakat serta kemampuan dari mahasantri. Munculnya kasus yang demikian mengakibatkan perguruan tinggi Islam IAIN Tulungagung mempunyai strategi khusus agar mahasiswa baru yang masuk dapat belajar agama seperti hal nya pembelajaran di pondok pesantren dengan mengadakan program Dirasat al-Qur’an dan Madrasah Diniyah yang diinisiasi oleh Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pusat Ma’had al-Jami’ah IAIN Tulungagung yang wajib diikuti selama dua semester. Fokus penelitian ini adalah (1) Bagaimana jenis organisasi kurikulum yang diterapkan program madrasah diniyah di IAIN Tulungagung ?; (2) Bagaimana strategi pembelajaran program madrasah diniyah di IAIN Tulungagung ?; (3) Bagaimana evaluasi pembelajaran program madrasah diniyah di IAIN Tulungagung ?. Adapun tujuan penulisan skripsi ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan jenis organisasi yang diterapkan program madrasah diniyah di IAIN Tulungagung; (2) Untuk mendeskripsikan strategi pembelajaran program madrasah diniyah di IAIN Tulungagung; (3) Untuk mendeskripsikan evaluasi pembelajaran program madrasah diniyah di IAIN Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, jenis penelitiannya adalah deskripsi studi kasus. Sumber data Mudhir Ma’had al-jami’ah, Sub.Bag Kurikulum, dewan asatidz, mahasiswa, dan dokumentasi, Teknik pengumpulan data observasi penelitian, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis data dimulai dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan data pemeriksaan teman sejawat melalui perpanjangan keikutsertaan, dan triangulasi.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Kurikulum
Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 17201163450 Vina Fauziatun Nisa'
Date Deposited: 02 Nov 2021 07:20
Last Modified: 02 Nov 2021 07:20
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/23013

Actions (login required)

View Item View Item