NASIKHAH, ZUHROTUN (2015) PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE NHT (NUMBER HEAD TOGETHER) UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR AL-QUR’AN HADITS SISWA KELAS III MI PLUS NURUL HUDA KRENCENG NGLEGOK BLITAR. [ Skripsi ]
Text
Sampul.pdf Download (82kB) |
||
Text
Awal.pdf Download (627kB) |
||
|
Text
BAB I.pdf Download (301kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (405kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
BAB V.pdf Download (109kB) |
||
Text
Daftar Rujukan.pdf Download (131kB) |
||
Text
Lampiran.pdf Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Penerapan Model Kooperatif Tipe NHT (Number Head Together) untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Al-Qur`an Hadits Siswa Kelas III MI Plus Nurul Huda Krenceng Nglegok Blitar” ini ditulis oleh Zuhrotun Nasikhah, NIM. 3217113109, IAIN Tulungagug, FTIK, Jurusan PGMI, yang dibimbing oleh Bapak Dr. H. Abd. Aziz, M.Pd. Kata Kunci: Model Numbered Head Together (NHT), Prestasi Belajar. Al-Qur`an Hadits. Penelitian selama ini dilatarbelakangi oleh lemahnya pengetahuan para siswa dalam mempelajari Al-Qur`an Hadits dan menyebabkan prestasi belajarnya rendah. Dalam pembelajaran Al-Qur`an Hadits ada beberapa model pembelajaran yang biasa digunakan guru untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. Salah satunya adalah model (NHT), yaitu model pembelajaran dengan menggunakan sistem pengelompokan beranggotakan 4-6 orang dengan sistem pengelompokan yang heterogen, tahap pelaksanaanya meliputi tahap penomoran, pengajuan pertanyaan, berfikir bersama dan menjawab pertanyaan. Rumusan masalah selama ini adalah (1) Bagaimana penerapan model kooperatif tipe NHT pada mata pelajaran Al-Qur`an Hadits pokok bahasan surat Al-Qori`ah siswa kelas III MI Plus Nurul Huda Krenceng Nglegok Blitar? (2) Bagaimana peningkatan prestasi belajar Al-Qur`an Hadits pokok bahasan surat Al-Qori`ah melalui penerapan model kooperatif tipe NHT pada siswa kelas III MI Plus Nurul Huda Krenceng Nglegok Blitar? Adapun tujuan penelitian selama ini adalah (1) untuk mendeskripsikan penerapan model kooperatif tipe NHT pada mata pelajaran Al-Qur`an Hadits pokok bahasan Surah Al-Qori`ah pada siswa kelas III MI Plus Nurul Huda Krenceng Nglegok Blitar. (2) untuk mendiskripsikan peningkatan prestasi belajar Al-Qur`an Hadits pokok bahasan surah Al-Qori`ah melalui penerapan model kooperatif tipe NHT pada siswa kelas III MI Plus Nurul Huda Krenceng Nglegok Blitar. Penelitian ini menggunakan PTK (Class Action Research) sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas III MI Plus Nurul Huda Krenceng Nglegok Blitar. Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data antara lain tes, observasi, wawancara, catatan lapangan dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan mencakup reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini apabila penguasaan materi peserta didik mencapai 75% dari tujuan yang seharusnya dicapai, dengan nilai KKM 75. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model NHT (Number Head Together) dapat meningkatkan prestasi belajar Al-Qur`an Hadits siswa. Adanya peningkatan dari siklus I ke siklus IIyaitu nilai rata-rata hasil belajar pada tes akhir siklus I adalah 74,83 (53,33%) yang berada pada kriteria baik, sedangkan pada tes akhir siklus II adalah 88,67 (90%) dan berada pada kriteria sangat baik. Hal ini menunjukkan peningkatan nilai rata-rata sebesar 13.84. Dari data tersebut terlihat bahwa penerapan model NHT (Numbered Head Together) dapat meningkatkan prestasi belajar Al-Qur`an Hadits materi surat Al-Qori`ah siswa kelas III MI Plus Nurul Huda Krenceng Nglegok Blitar tahun ajaran 2014/2015.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | ZUHROTUN NASIKHAH |
Date Deposited: | 21 Sep 2015 02:53 |
Last Modified: | 21 Sep 2015 02:53 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/2302 |
Actions (login required)
View Item |