STRATEGI GURU DALAM PENCAPAIAN TUJUAN PEMBELAJARAN TEMATIK BERBASIS DARING PADA SISWA KELAS 1 MI ROUDLOTUL ULUM JABALSARI SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG

INTAN ZIDASYUKRIYA, 12205173087 (2021) STRATEGI GURU DALAM PENCAPAIAN TUJUAN PEMBELAJARAN TEMATIK BERBASIS DARING PADA SISWA KELAS 1 MI ROUDLOTUL ULUM JABALSARI SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (19MB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (538kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (312kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (614kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (713kB)
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (392kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (665kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (510kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (364kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (493kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Guru dalam Pencapaian Tujuan Pembelajaran Tematik Berbasis Daring pada Siswa Kelas 1 MI Roudlotul Ulum Jabalsari Sumbergempol Tulungagung” ini ditulis oleh Intan Zidasyukriya, NIM. 12205173087, pembimbing Zun Azizul Hakim, M.Psi. Kata Kunci: Strategi guru, pembelajaran Tematik, Daring Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena adanya pandemi Covid-19 memberikan dampak banyak pihak khususnya pada dunia pendidikan, pihak sekolah mulai mengubah strategi pembelajaran yang awalnya adalah tatap muka dengan mengubah non tatap muka perubahan sistem pembelajaran daring ini sangat berpengaruh sekali bagi peserta didik. Sebagai media distance learning menciptakan paradigma baru, yaitu peran guru yang lebih bersifat “fasilitator” dan siswa sebagai “peserta aktif” dalam kegiatan proses belajar mengajar. Oleh karena itu guru dituntut untuk menciptakan strategi mengajar yang baik dan menarik dalam pembelajaran Tematik berbasis daring, karena dalam pembelajaran daring kegiatan pembelajarannya melalui pemanfaatan jaringan internet sebagai aktivitas dalam melengkapi kegiatan pembelajaran. Dengan adanya fenomena tersebut, peneliti ingin mengetahui lebih dalam mengenai strategi guru dalam pencapaian tujuan pembelajaran Tematik berbasis daring pada siswa kelas 1 MI Rodlotul Ulum Jabalsari Sumbergempol Tulungagung. Fokus Penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah: (1) Bagaimana strategi guru dalam pencapaian tujuan pembelajaran tematik berbasis daring pada siswa kelas 1 MI Roudlotul Ulum Jabalsari Sumbergempol Tulungagung? (2) Bagaimana implementasi strategi guru dalam pencapaian tujuan pembelajaran tematik berbasis daring pada siswa kelas 1 MI Roudlotul Ulum Jabalsari Sumbergempol Tulungagung? (3) Bagaimana kendala dan solusi guru dalam pencapaian tujuan pembelajaran tematik berbasis daring pada siswa kelas 1 MI Roudlotul Ulum Jabalsari Sumbergempol Tulungagung? Tujuan Penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui strategi guru dalam pencapaian tujuan pembelajaran tematik berbasis daring pada MI Roudlotul Ulum Jabalsari Sumbergempol Tulungagung. (2) Untuk mengetahui implementasi strategi guru dalam pencapaian tujuan pembelajaran tematik berbasis daring pada MI Roudlotul Ulum Jabalsari Sumbergempol Tulungagung. (3) Untuk mengetahui kendala dan solusi guru dalam pencapaian tujuan pembelajaran tematik berbasis daring pada MI Roudlotul Ulum Jabalsari Sumbergempol Tulungagung. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif, dengan jenis penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Wawancara dilakukan untuk mencari informasi sebanyak mungkin mengenai strategi guru dalam pencapaian tujuan pembelajaran Tematik pada siswa kelas 1, sedangkan observasi dan dokumentasi dilakukani untuk mencari data seperti foto, dokumen dan mencatat hasil observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah Horisonalisasi. Teknik pengecekan keabsahan data dengan menggunakan teknik triangulasi sumber data yang artinya membandingkan data hasil pengamatan dengan hasil wawancara dengan isi dokumen yang berkaitan. Hasil temuan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa strategi guru dalam pencapaian tujuan pembelajaran Tematik berbasis daring adalah: Implementasi dan strategi guru dalam pencapaian tujuan pembelajaran tematik berbasis daring diantaranya: Pembuatan RPP pola daring, penyusunan jadwal daring, pemanfaatan teknologi komunikasi elektronik berupa Hp android sebagai media interaksi pembelajaran, pembuatan grup kelas berbasis WhatsApp. pembelajaran berbasis audio visual (video), bekerjasama dengan wali siswa, serta dukungan kebijakan dalam bentuk bantuan kuota internet. Beberapa kendala dan solusi dalam pembelajaran Tematik berbasis daring di MI Roudlotul Ulum Jabalsari Sumbergempol Tulungagung kendala: Siswa kurangnya semangat belajar, orang tua yang tidak dapat mendampingi anaknya pada saat pembelajaran daring dikarenakan orang tua sibuk bekerja, sulit mengontrol peserta didik saat pembelajaran Kendala dengan paket data dan jaringan internet, sebagian siswa atau wali tidak memiliki perangkat android/HP, guru kesulitan pada saat menyampaikan materi yang didalam pembelajaran Tematik melibatkan beberapa tema dan mata pelajaran, guru sulit mencapai tujuan pembelajaran yang maksimal, prestasi siswa menurun. Solusi: Guru bekerjasama dengan orang tua siswa untuk mendampingi saat pembelajaran, home visit sekali dalam seminggu bagi siswa yang tidak mempunyai Hp untuk memberikan tugas sekaligus mengambil tugas minggu kemarin, madrasah memberikan bantuan paket data internet untuk peserta didik dari Kemenag RI dan Axis.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Daring
Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah
Pendidikan > Strategi Pembelajaran
Pendidikan > Tematik
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 12205173087 INTAN ZIDASYUKRIYA
Date Deposited: 04 Nov 2021 01:24
Last Modified: 04 Nov 2021 01:24
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/23021

Actions (login required)

View Item View Item