ENDAH FITRIANA, 12205173079 (2021) STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN MINAT BACA ANAK MELALUI BUDAYA LITERASI DI MI MIFTAHUL HUDA JUWET NGRONGGOT NGANJUK. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (17MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (287kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (96kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (276kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Download (273kB) |
||
Text
BAB III.pdf Download (212kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Download (454kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (150kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (100kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (236kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “ Strategi Guru dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa Melalui Budaya Literasi di MI Miftahul Huda Juwet Ngonggrot Nganjuk” ini ditulis oleh Endah Fitriana, NIM. 12205173079, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung 2021, Dosen pembimbing Tadjudin, M.Pd.I. Kata kunci : strategi guru, minat baca, budaya literasi Penelitian ini di latar belakangi oleh kurangnya minat baca siswa yang ada di Indonesia. Agar meningkatnya minat baca siswa sebagai guru harus memiliki strategi yang tepat untuk meningkatkan minat baca siswa tersebut. Budaya literasi dipilih karena memang sangat erat kaitannya dengan membaca hal ini di pilih oleh guru dalam meningkatkan minat baca siswa. Minat baca siswa dipengaruhi oleh beberapa faktor permasalahan. Berdasarkan permasalahan tersebut maka peneliti melakukan observasi, terhadap strategi guru di MI Miftahul Huda Juwet Ngronggot Nganjuk untuk mengetahui strategi guru dalam meningkatkan minat baca siswa. Fokus penelitian ini dalam penulisan skripsi adalah (1) Bagaimana strategi guru dalam meningkatkan minat baca spontan pada siswa melalui budaya literasi di MI Miftahul Huda Juwet Ngronggot Nganjuk?. (2) Bagaimana strategi guru dalam meningkatkan minat baca terpola siswa melalui budaya literasi di MI Miftahul Huda Juwet Ngonggot Nganjuk?. Tujuan penelitian dari skripsi ini adalah (1) Mengetahui strategi guru dalam meningkatkan minat baca spontan pada siswa melalui budaya literasi di MI Miftahul Huda Juwet Ngronggot Nganjuk. (2) Mengetahui strategi guru dalam meningkatkan minat baca terpola siswa melalui budaya literasi di MI Miftahul Huda Juwet Ngonggot Nganjuk. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Data penelitian diperoleh melalui proses observasi. Wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang dilakukan dengan cara (1) Reduksi data, (2) Penyajian data, (3) verifikasi data . Hasil penelitian menunjukan bahwa, (1) strategi guru dalam meningkatkan minat baca spontan siswa melalui budaya literasi dengan menggunakan beberapa media yang bisa memicu siswa untuk secara spontan dapat meningkatkan minat baca siswa yaitu menyajikan slogan, mengaktifkan majalah dinding, video pembelajan dan pemberian pertanyaan secara acak. (2) strategi guru dalam meningkatkan minat baca terpola siswa melalui budaya literasi dengan pemberian kegiatan yang berkaitan dengan literasi yang dapat memicu minat baca terpola anak yaitu menulis kegiatan sehari-hari, kegiatan mengaji setiap pagi, setoran hafalan surah, membaca setiap hari 3 -5 lembar, kunjungan ke perpustakan dan membaca 10 menit sebelum pembelajaran.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Guru Bahasa Dan Sastra > Literasi Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah Pendidikan > Strategi Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 12205173079 ENDAH FITRIANA |
Date Deposited: | 04 Nov 2021 01:29 |
Last Modified: | 04 Nov 2021 01:29 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/23022 |
Actions (login required)
View Item |