ANALISIS KEPUASAN KONSUMEN DALAM BELANJA DARING DAN BELANJA LURING DI KABUPATEN TULUNGAGUNG

FINA PURBANINGTYAS, 17402163263 (2021) ANALISIS KEPUASAN KONSUMEN DALAM BELANJA DARING DAN BELANJA LURING DI KABUPATEN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (724kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (659kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (820kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf

Download (874kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (825kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (902kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (787kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (770kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (840kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Analisis Kepuasan Konsumen Dalam Belanja Daring Dan Belanja Luring Di Kabupaten Tulungagung” ini ditulis oleh Fina Purbaningtyas, NIM 17402163263, jurusan Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, IAIN Tulungagung dengan pembimbing Dr. Muhammad Aswad, M.A. Di era pandemi seperti sekarang ini sistem penjualan secara daring lebih diminati oleh masyarakat Tulungagung tetapi juga tidak menutup kemungkinan masih banyak yang melakukan belanja secara luring. Belanja daring adalah pembelian yang dilakukan via internet sebagai media pemasaran dengan menggunakan website sebagai katalog. Belanja luring adalah belanja langsung ketempat penjualannya yang proses transaksinya dilakukan ditempat secara langsung. Pebisnis harus mengetahui dan mengerti bagaimana cara memuaskan konsumen dengan adanya kelebihan dan kekurangan dari kedua sistem tersebut agar konsumen puas saat melakukan pembelian. Kepuasan konsumen menjadi pembahasan utama dalam penelitian ini karena persaingan bisnis yang semakin ketat seperti sekarang ini membuat para pebisnis berlomba-lomba mencari cara agar usaha dan omset nya semakin meningkat. Setiap outlet harus memperhatikan hal-hal yang dianggap penting oleh para konsumen, agar konsumen merasa puas dan tidak beralih kepada outlet lain. Apabila kepuasan konsumen terpenuhi maka pembeli akan melakukan pembelian ulang, kesediaan merekomendasikan, memberikan saran dan mampu mewujudkan kesesuaian harapan pelanggan yang mampu meningkatkan omset outlet itu sendiri. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui adakah perbedaan kepuasan belanja daring dan luring. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian komparatif dengan menggunakan metode ex post facto. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 40 responden, masing-masing 20 konsumen belanja daring dan 20 konsumen belanja luring. Tehnik sampling dalam penelitian ini menggunakan accidental sampling. Data dianalisis dengan metode statistik Independen Sample T. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat perbedaan kepuasan konsumen belanja daring dan belanja luring. Masyarakat lebih memilih belanja daring dari pada belanja luring karena untuk mengurangi dan memutus rantai penyebaran virus covid-19. Selain itu keuntungan dari belanja daring yaitu: menghemat waktu, tenaga, dan biaya, bersifat mobile, jangkauan konsumen sangat luas, buka sepanjang waktu, masyarakat tidak kehabisan stock, bisa membandingkan harga, lebih hemat waktu, dan banyak promo yang ditawarkan. Kata kunci : belanja daring, belanja luring dan kepuasan konsumen

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: 17402163263 FINA PURBANINGTYAS
Date Deposited: 04 Nov 2021 05:05
Last Modified: 04 Nov 2021 05:05
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/23029

Actions (login required)

View Item View Item