PEMAHAMAN KONSEPTUAL DALAM PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA PADA MATERI PERBANDINGAN BERDASARKAN SELF EFFICACY SISWA KELAS VII SMP NEGERI 01 WONODADI BLITAR

MOH. MALIKUL HASAN, 17204163149 (2021) PEMAHAMAN KONSEPTUAL DALAM PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA PADA MATERI PERBANDINGAN BERDASARKAN SELF EFFICACY SISWA KELAS VII SMP NEGERI 01 WONODADI BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (329kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (192kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf

Download (245kB)
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (339kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (317kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (172kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (171kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pemahaman Konseptual dalam Pemecahan Masalah Matematika pada Materi Perbandingan Berdasarkan Self Efficacy Siswa Kelas VII SMP Negeri 01 Wonodadi Blitar” ini ditulis oleh Moh. Malikul Hasan, NIM. 17204163149, Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Tarbiyah, IAIN Tulungagung, pembimbing Nur Cholis, S.Pd.I., M.Pd. Kata Kunci : Pemahaman Konseptual, Pemecahan Masalah, Self Efficacy. Dalam proses pembelajaran matematika salah satu aspek yang harus dimiliki siswa adalah pemahaman konseptual. Secara istilah pemahaman konseptual mempunyai pengertian kemampuan yang dimiliki seseorang untuk mengemukakan kembali ilmu yang diperolehnya baik dalam bentuk ucapan maupun tulisan kepada orang lain sehingga orang lain paham dengan apa yang telah dijelaskan. Pada proses pemahaman konseptual terdapat faktor yang sangat berpengaruh yakni self efficacy atau kepercayaan diri. Adapun penelitian ini dimaksudkan untuk mengungkapkan pemahaman konseptual berdasarkan self efficacy siswa. Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mendeskripsikan pemahaman konseptual siswa yang mempunyai self efficacy tinggi dalam pemecahan masalah matematika materi perbandingan kelas VII SMP Negeri 01 Wonodadi Blitar. 2) untuk mendeskripsikan pemahaman konseptual siswa yang mempunyai self efficacy sedang dalam pemecahan masalah matematika materi perbandingan kelas VII SMP Negeri 01 Wonodadi Blitar. 3) untuk mendeskripsikan pemahaman konseptual siswa yang mempunyai self efficacy rendah dalam pemecahan masalah matematika materi perbandingan kelas VII SMP Negeri 01 Wonodadi Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas VII A dengan mengambil 6 siswa (2 siswa yang memiliki self efficacy tinggi, 2 siswa yang memiliki self efficacy sedang, dan 2 siswa yang memiliki self efficacy rendah). Teknik pengumpulan data berupa angket, hasil tes tulis, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan beberapa tahap, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan ketekunan pengamat, triangulasi, dan pemeriksaan teman sejawat. Hasil penelitian ini, menunjukkan bahwa: 1) pemahaman konseptual siswa yang mempunyai self efficacy tinggi memenuhi indikator mampu menyatakan apa yang diketahui dan yang ditanya dalam soal dengan bahasa sendiri atau mengubah dalam kalimat matematika, mampu membuat rencana penyelesaian dengan lengkap, mampu menyatakan langkah-langkah yang ditempuh dalam menyelesaikan soal menggunakan konsep yang pernah dipelajari, dan mampu memperbaiki jawaban, 2) pemahaman konseptual siswa yang mempunyai self efficacy sedang memenuhi indikator mampu menyatakan apa yang diketahui dan yang ditanya dalam soal dengan bahasa sendiri atau mengubah dalam kalimat matematika, dan mampu menyatakan langkah-langkah yang ditempuh dalam menyelesaikan soal menggunakan konsep yang pernah dipelajari, 3) pemahaman konseptual siswa yang mempunyai self efficacy rendah memenuhi indikator mampu menyatakan apa yang diketahui dan yang ditanya dalam soal dengan bahasa sendiri atau mengubah dalam kalimat matematika.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Matematika > Perbandingan
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Mahasiswa 17204163149 Moh Malikul Hasan
Date Deposited: 12 Nov 2021 02:39
Last Modified: 12 Nov 2021 02:39
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/23034

Actions (login required)

View Item View Item