STRATEGI GURU DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR SISWA DI MI RIYADLOTUL UQUL DOROAMPEL SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG

HANIFA KURNIAWAN, 12205173115 (2021) STRATEGI GURU DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR SISWA DI MI RIYADLOTUL UQUL DOROAMPEL SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (370kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (134kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (381kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (541kB)
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (384kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (327kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (331kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (86kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (231kB)

Abstract

ABSTRAK Hanifa Kurniawan. NIM 12205173115. Strategi Guru dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa di MI Riyadloyul Uqul Doroampel Sumbergempol Tulungagung. Skripsi. Tulungagung: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Tulungagung. Pembimbing: Drs.H.Timbul, M.Pd.I Kata Kunci: Strategi, Guru, Kesulitan Belajar. Lemahnya minat baca, tulis, dan hitung (calistung) di kalangan peserta didik setingkat sekolah dasar dikarenakan ketertarikan mereka terhadap gadget dan media sosial. Terbukti bahwa minat baca masyarakat Indonesia masih menempati urutan ke 60 dari 61 negara menurut survei yang dilakukan oleh UNESCO. Faktor lain ialah kurang efektifnya strategi guru dalam menanamkan kebiasaan atau tradisi calistung di lingkungan madrasah, perpustakaan tidak difungsikan secara optimal, serta lingkungan belajar yang tidak berbasis literasi. Peneliti menemukan fakta melalui observasi bahwa masih terdapat 2 siswa dari 32 siswa kelas 2 MI Riyadlotul Uqul Doroampel Sumbergempol yang belum lancar calistung. Asumsi peneliti bahwa dengan adanya strategi guru yang efektif dan inovatif dalam mengatasi kesulitan akan diperoleh perubahan prestasi pembelajaran yang baik pada peserta didik khususnya pada pelajaran calistung. Fokus penelitian ini adalah (1) Bagaimana strategi guru dalam mengatasi kesulitan belajar membaca siswa di Mi Riyadlotul Uqul Doroampel Sumbergempol Tulungagung? (2) Bagaimana strategi guru dalam mengatasi kesulitan belajar menulis siswa di Mi Riyadlotul Uqul Doroampel Sumbergempol Tulungagung? (3) Bagaimana strategi guru dalam mengatasi kesulitan belajar berhitung siswa di Mi Riyadlotul Uqul Doroampel Sumbergempol Tulungagung? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, jenis penelitiannya adalah deskripsi studi kasus. Sumber data yaitu kepala madrasah, guru, dan siswa. Teknik pengumpulan data yaitu observasi penelitian, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis data dimulai dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan data dengan pemeriksaan teman sejawat melalui perpanjangan keikutsertaan, dan triangulasi. Hasil penelitian. Pertama, pelaksanaan program les tambahan kepada 15 siswa kelas 2 dilaksanakan seminggu sekali pada hari Kamis di kelas masing- masing dan melakukan evaluasi pembelajaran melalui rapat khusus guru kelas 2 setiap akhir bulan. Kedua, memutar video “kiat sukses belajar calistung” melalui audio visual LCD proyektor, dan menggunakan media gambar angka 0-100 serta media gambar huruf abjad A-Z. Ketiga, peningkatan hafalan 15 kosa kata tiap hari, praktik membaca lancar 10 menit, dan program “baca khusus” untuk kelas remedial.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Guru
Pendidikan > Kesulitan Belajar
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Pendidikan > Strategi Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 12205173115 HANIFA KURNIAWAN
Date Deposited: 08 Nov 2021 01:52
Last Modified: 08 Nov 2021 01:52
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/23042

Actions (login required)

View Item View Item