DWI NUR ALIZAH, 12205173292 (2021) STRATEGI GURU DALAM PEMBELAJARAN TAHFIDZ AL-QUR’AN DI MI MANBA’UL ‘ULUM REJOTANGAN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
||
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (208kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (134kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (511kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (659kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (386kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (892kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (485kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (181kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (251kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Guru dalam Pembelajaran Tahfidz Al qur’an di MI Manba’ul ‘Ulum Rejotangan” ini ditulis oleh Dwi Nur Alizah, NIM. 12205173292, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, IAIN Tulungagung, dibimbing oleh Prof. Dr. H. Munardji, M.Ag. Kata Kunci: Strategi, Guru, Pembelajaran Tahfidz Al qur’an Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya fenomena banyaknya progam tahfidz yang dibentuk dalam lembaga pendidikan formal sebagai upaya peningkatan mutu dari suatu lembaga pendidikan. Melihat hal tersebut, tentu dalam pelaksanaanya diperlukan sebuah strategi pembelajaran yang tepat agar pembelajaran dapat terlaksana dengan baik, sehingga peserta didik mampu mecapai target hafalan yang telah ditetapkan oleh madrasah. Fokus penelitian dari skripsi ini yaitu : (1) Bagaimana perencanaan guru dalam pembelajaran tahfidz Al qur’an di MI Manba’ul ‘Ulum Rejotangan? (2) Bagaimana pelaksanaan guru dalam pembelajaran tahfidz Al qur’an di MI Manba’ul ‘Ulum Rejotangan? (3) Apa saja faktor pendukung dalam pembelajaran tahfidz Al Qur’an di MI Manba’ul ‘Ulum Rejotangan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research). Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data dalam penelitian ini yaitu observasi non partisipant, wawancara tidak terstruktur, dan dokumentasi. Langkah – langkah dalam analisis data yaitu, reduksi data, penyajian data, dan verivikasi data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan untuk mengecek keabsahan temuan dilakukan dengan perpanjangan pengamatan, peningkatan ketekunan, dan triangulasi. Hasil penelitian yaitu: (1) Perencanaan guru dalam pembelajaran tahfidz Al qur’an yaitu dengan mempersiapkan guru tahfidz dan guru pendamping yang membidangi Al qur’an, menyiapkan metode pembelajaran, ayat atau surat yang akan dihafal, target hafalan, dan murojaah sebelum pembelajaran inti. (2) Pelaksanaan guru dalam pembelajaran tahfidz Al qur’an dimulai pukul 06.30-08.30 WIB secara klasikal, menggunakan metode tallaqi, talqin, dan drill. Kegiatan diawali dengan pembukaan, murojaah, penambahan ayat, setoran hafalan, kemudian dilanjutkan dengan bin nadhor dan menulis ayat Al qur’an. (3) Faktor pendukung dalam pembelajaran tahfidz Al qur’an diantaranya yaitu faktor guru yang membidangi Al qur’an, faktor kecerdasan (bakat/minat) peserta didik, motivasi atau dukungan dari orang tua, lingkungan atau lokasi pembelajaran.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Guru Pendidikan > Pembelajaran Pendidikan > Pendidikan Dasar Pendidikan > Strategi Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 12205173292 DWI NUR ALIZAH |
Date Deposited: | 08 Nov 2021 01:21 |
Last Modified: | 08 Nov 2021 01:21 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/23043 |
Actions (login required)
View Item |