NI’MATUL CHUSANA, 12205173098 (2021) IMPLEMENTASI MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI MIN 7 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
||
Text
ABSTRAK.pdf Download (237kB) |
||
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (102kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (243kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (264kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (253kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Download (563kB) |
||
Text
BAB V.pdf Download (159kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Download (55kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (113kB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Implementasi Model Project Based Learning (PjBL) pada Pembelajaran Tematik di MIN 7 Tulungagung” ini ditulis oleh Ni‟matul Chusana, NIM 12205173098 Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Dosen pembimbing:Dr. H. Mochamad Arif Faizin, M.Ag., NIP.197608272005011005 Kata Kunci: Model Project Based Learning (PjBL), Pembelajaran Tematik Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah: (1). Bagaimana perencanaan model Project Based Learnig (PjBL) pada pembelajaran tematik di MIN 7 Tulungagung?, (2). Bagaimana pelaksanaan model Project Based Learnig (PjBL) pada pembelajaran tematik di MIN 7 Tulungagung?, (3). Bagaimana faktor pendukung dan penghambat model Project Based Learnig (PjBL) pada pembelajaran tematik di MIN 7 Tulungagung?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan lokasi penelitian di MIN 7 Tulungagung. Teknik pengumpulan data primer adalah menggunakan observasi, wawancara,dan dokumentasi. Teknik analisis data yang dipakai yaitu dengan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa:(1) Perencanaan model Project Based Learning (PjBL) di MIN 7 Tulungagung yaitu, mengadakan rapat, merencanakan kegiatan pembelajaran terutama ketika menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), dan mata pelajaran tematik diampu oleh wali kelas, bukan diampu oleh guru mata pelajaran, (2) Pelaksanaan model Project Based Learning (PjBL) di MIN 7 Tulungagung sesuai dengan langkah-langkah model Project Based Learning (PjBL) yaitu, menyiapkan pertanyaan atau penugasan proyek, mendesain perencanaan proyek, menyusun jadwal sebagai langkah nyata dari sebuah proyek, memonitor kegiatan dan perkembangan proyek, menguji hasil, dan mengevaluasi kegiatan. (3) Faktor pendukung model Project Based Learning (PjBL) dalam pembelajaran tematik di MIN 7 Tulungagung yaitu, guru yang profesional dalam bidangnya, siswa yang antusias, dan srana dan prasarana yang memadai, sedangkan faktor penghambat model Project Based Learning (PjBL) dalam pembelajaran tematik di MIN 7 Tulungagung yaitu, guru yang tidak paham mengenai model Project Based Learning (PjBL) siswa yang gaduh, dan alokasi waktu yang terbatas.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah Pendidikan > Pendidikan Dasar Pendidikan > Tematik |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 12205173098 NI’MATUL CHUSANA |
Date Deposited: | 09 Nov 2021 06:32 |
Last Modified: | 09 Nov 2021 06:32 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/23044 |
Actions (login required)
View Item |