PENALARAN ANALOGI SISWA BERDASARKAN TAHAPAN CLEMENT DALAM MENYELESAIKAN MASALAH DITINJAU DARI KEMAMPUAN MATEMATIKA KELAS VII A MTsN 2 KOTA BLITAR

NABILA TRIASARI, 12204173217 (2021) PENALARAN ANALOGI SISWA BERDASARKAN TAHAPAN CLEMENT DALAM MENYELESAIKAN MASALAH DITINJAU DARI KEMAMPUAN MATEMATIKA KELAS VII A MTsN 2 KOTA BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (270kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (470kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (135kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (258kB)
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (637kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (469kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (228kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (166kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Penalaran Analogi Siswa Berdasarkan Tahapan Clement dalam Menyelesaikan Masalah Ditinjau dari Kemampuan Matematika Siswa Kelas VII A MTsN 2 Kota Blitar” ditulis oleh Nabila Triasari, NIM. 12204173217, pembimbing Dr. Dewi Asmarani, M.Pd. Kata Kunci: Penalaran Analogi, Tahapan Clement, Menyelesaikan Masalah, Kemampuan Matematika. Penalaran merupakan hal penting dalam pembelajaran matematika. Namun kenyataannya, kemampuan penalaran siswa dalam menyelesaikan masalah matematika masih rendah. Salah satu kemampuan penalaran yang penting untuk dikembangkan adalah penalaran analogi. Penalaran analogi penting bagi siswa untuk membantu dalam menyelesaikan masalah yang lebih sulit atau jarang dijumpai. Penalaran analogi siswa juga dipengaruhi oleh kemampuan matematika siswa. Penting bagi guru untuk meningkatkan kemampuan penalaran siswa khusunya penalaran analogi ditinjau dari kemampuan matematika siswa sehingga dapat mencapai hasil belajar yang maksimal. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) untuk mendeskripsikan penalaran analogi siswa kelas VII A MTsN 2 Kota Blitar yang memiliki kemampuan matematika tinggi berdasarkan tahapan Clement dalam menyelesaikan masalah matematika, 2) untuk mendeskripsikan penalaran analogi siswa kelas VII A MTsN 2 Kota Blitar yang memiliki kemampuan matematika sedang berdasarkan tahapan Clement dalam menyelesaikan masalah matematika, dan 3) untuk mendeskripsikan penalaran analogi siswa kelas VII A 2 Kota Blitar yang memiliki kemampuan matematika rendah berdasarkan tahapan Clement dalam menyelesaikan masalah matematika. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Subjek penelitian adalah 6 siswa kelas VII A MTsN 2 Kota Blitar, dimana 2 siswa dengan kemampuan matematika tinggi, 2 siswa dengan kemampuan matematika sedang, dan 2 siswa dengan kemampuan matematika rendah. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes penalaran analogi dan wawancara. Analisis data dalam penelitian ini melalui tiga tahap yaitu, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan ketekunan pengamatan dan triangulasi. Hasil penelitian ini yaitu: 1) penalaran analogi siswa berdasarkan tahapan Clement dengan kemampuan matematika tinggi dapat melalui eampat tahapan yaitu: generating the analogy, evaluating the analogy relation, understanding the analogy case, dan transferring findings. 2) penalaran analogi siswa berdasarkan tahapan Clement dengan kemampuan matematika sedang hanya mampu melalui tiga tahapan yahitu: generating the analogy, understanding the analogy case, dan transferring findings. 3) penalaran analogi siswa berdasarkan tahapan Clement dengan kemampuan matematika rendah hanya mampu melalui satu tahapan yaitu: generating the analogy.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 12204173217 Nabila Triasari
Date Deposited: 10 Nov 2021 02:55
Last Modified: 10 Nov 2021 02:55
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/23071

Actions (login required)

View Item View Item