SEPTI DIANA PUTRI, 17205163317 (2020) PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN TEMATIK DI MI MIFTAHUL ULUM PLOSOREJO KADEMANGAN BLITAR. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (4MB) | Preview |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (3MB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (3MB) |
||
Text
BAB I.pdf Download (3MB) |
||
|
Text
BAB II.pdf Download (3MB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (3MB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (3MB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (3MB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (3MB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pemanfaatan Media Pembelajaran pada Mata Pelajaran Tematik di MI Miftahul Ulum Plosorejo Kademangan Blitar” ini ditulis oleh Septi Diana Putri, NIM. 17205163317, Jurusan Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, pembimbing Indah Komsiyah, S.Ag., M.Pd. Kata kunci: Pemanfaatan Media Pembelajaran, Tematik Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena bahwa masih banyak siswa yang kurang berminat dalam mengikuti proses pembelajaran Tematik. Hal tersebut dikarenakan proses pembelajaran yang kurang menarik minat belajar siswa. Media pembelajaran merupakan sesuatu yang sangat penting di dalam proses pembelajaran karena menjadi salah satu faktor penentu keberhasilan pembelajaran. Pemanfaatan media pembelajaran sangat diperlukan untuk mengefektifkan kegiatan pembelajaran. Media pembelajaran yang digunakan hendaknya mampu meningkatkan aktifitas belajar dan minat siswa. Media pembelajaran juga berfungsi sebagai sarana yang dapat memberikan pengalaman nyata kepada siswa antara lain untuk memperjelas dan mempermudah konsep yang abstrak. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah (1) Bagaimana pemanfaatan media pembelajaran jenis audio pada mata pelajaran Tematik di MI Miftahul Ulum Plosorejo Kademangan Blitar? (2) Bagaimana pemanfaatan media pembelajaran jenis visual pada mata pelajaran Tematik di MI Miftahul Ulum Plosorejo Kademangan Blitar? (3) Bagaimana pemanfaatan media pembelajaran jenis audiovisual pada mata pelajaran Tematik di MI Miftahul Ulum Plosorejo Kademangan Blitar?. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah (1) mengetahui pemanfaatan media pembelajaran jenis audio pada mata pelajaran Tematik di MI Miftahul Ulum Plosorejo Kademangan Blitar, (2) mengetahui pemanfaatan media pembelajaran jenis visual pada mata pelajaran Tematik di MI Miftahul Ulum Plosorejo Kademangan Blitar, (3) mengetahui pemanfaatan media pembelajaran jenis audiovisual pada mata pelajaran Tematik di MI Miftahul Ulum Plosorejo Kademangan Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian deskriptif. Lokasi penelitian di MI Miftahul Ulum Plosorejo Kademangan Blitar. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Paparan dan analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan perpanjangan keikutsertaan, dan trianggulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Pemanfaatan media pembelajaran jenis audio pada mata pelajaran tematik yaitu dengan mendesain materi pelajaran menjadi sebuah lagu, melakukan tanya jawab terkait isi lagu yang telah dinyanyikan, menyanyikan ulang lagu yang telah dinyanyikan bersama guru, melakukan evaluasi dengan tes tulis dan lisan yang berkaitan dengan materi Tematik yang telah didesain menjadi sebuah lagu tersebut. (2) Pemanfaatan media pembelajaran jenis visual pada mata pelajaran tematik yaitu menunjukkan gambar-gambar melalui LCD Proektor kepada siswa sehingga siswa merasa senang dan tertarik untuk mengikuti pembelajaran, memberikan tugas kepada siswa dengan menggunakan media gambar, tugasnya bisa berupa tugas individu maupun tugas kelompok, evaluasi dilakukan dengan melakukan tes tulis dan lisan baik secara individu maupun tugas kelompok. (3) Pemanfaatan media pembelajaran jenis audiovisual pada mata pelajaran tematik yaitu dengan memperkenalkan materi yang akan dipelajari, lalu menampilkan vidio melalui LCD Proyektor kepada siswa, terkadang siswa diminta untuk membuka vidio di laptop masing-masing supaya lebih memahami, memberikan tugas kepada siswa dengan menggunakan vidio untuk dianalisis baik tugas individu maupun tugas kelompok.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah Pendidikan > Media Pembelajaran Pendidikan Islam Pendidikan > Tematik |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | S1 17205163317 SEPTI DIANA PUTRI |
Date Deposited: | 30 Nov 2021 06:35 |
Last Modified: | 30 Nov 2021 06:35 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/23092 |
Actions (login required)
View Item |