ALFINAZ ZUHDI NURUZ ZAMZAMI, 12210173132 (2021) EFEKTIVITAS METODE AMKALA (AMBIL KATA LAGU) DALAM PEMBELAJARAN MENULIS PUISI KELAS X IPA 5 MAN 2 KOTA KEDIRI PADA MASA PANDEMI. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (5MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (351kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (217kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (175kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (332kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (172kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (384kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (158kB) | Preview |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (83kB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Efektivitas Metode Amkala (Ambil Kata Lagu) dalam Pembelajaran Menulis Puisi Kelas X IPA 5 MAN 2 Kota Kediri pada Masa Pandemi” ini ditulis oleh Alfinaz Zuhdi Nuruz Zamzami, NIM. 12210173132, Fakultas Tadris dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung, yang dibimbing oleh Dr. Erna Iftanti, S. S., M.Pd. Metode pembelajaran AMKALA merupakan metode kolaborasi antara metode belanja kata serta metote sugesti imajinasi. Sejauh ini belum ada penelitian terhadulu yang membahas tentang efektivitas metode AMKALA untuk mengajar puisi di tingkat Sekolah Menengah Atas. Oleh sebab itu perlu dilakukan penelitian yang menguji apakah Metode AMKALA efektif untuk pembelajaran menulis puisi pada tingkat Sekolah Menengan Atas. Pada masa pandemi ini karena pembelajaran tidak dilakukan secara tatap muka memungkinkan adanya kesulitan dalam berjalannya suatu pembelajran yang efektif. Dengan adanya hal tersebut peneliti ingin mengetahui keefektifan metode belanja kata jika dikolaborasikan dengan metode sugesti imajinasi dari lagu untuk pembelajaran menulis puisi pada masa pandemi. Penelitian ini bertujuan mengetahui efektivitas metode amkala (ambil kata lagu) dalam pembelajaran menulis puisi kelas X IPA 5 MAN 2 Kota Kediri pada masa pandemi. Penulis melakukan penelitian ini di MAN 2 Kota Kediri. Desain penelitian menggunakan penelitian eksperimen dengan rancangan control group pretest-posttest design. Variabel dalam penelitain ini ada dua, yaitu (1) variabel bebas berupa metode “amkala” dan (2) variabel terikat berupa keterampilan menulis puisi. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MAN 2 Kota Kediri, sedangkan sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah satu kelas dengan pembagian sebagian sebagai kelas kontrol dan sebagian sebagai kelas eksperimen. Sampel diperoleh dengan cara mengundi, dari hasil pengundian diperoleh, kelas X IPA 5 dengan 32 siswa yang terpilih. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes, yaitu berupa tes menulis puisi. Teknik analisis data dengan menggunakan uji Mann-Whitney. Hasil hitung menggunakan uji Mann-Whitney yang dilakukan terhadap Posttest kelas kontrol dan kelas eksperimen menunjukkan bahwa; Pertama, terdapat perbedaan yang tidak signifikan antara penguasaan keterampilan menulis puisi siswa kelas X IPA 5 MAN 2 Kota Kediri yang diajar dengan metode “amkala” dan penguasaan keterampilan menulis puisi siswa yang diajar tanpa metode “amkala”. Hal tersebut terbukti dari hasil uji Mann-Whitney yang dilakukan pada nilai posttest antara kelas kontrol dengan kelas eksperimen yang telah dilakukan. Dari perhitungan diperoleh nilai signifikasi 0,938 diperoleh nilai = tidak signifikan. Kedua, pembelajaran menulis puisi siswa kelas X IPA 5 MAN 2 Kota Kediri dengan menggunakan metode “amkala” tidak efektif. Kata Kunci : Efektivitas, Metode “Amkala”, Pembelajaran Menulis Puisi.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Bahasa Dan Sastra > Bahasa Indonesia Pandemi Pendidikan > Pembelajaran Bahasa Dan Sastra > Puisi |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Bahasa Indonesia |
Depositing User: | 12210173132 ALFINAZ ZUHDI NURUZ ZAMZAMI |
Date Deposited: | 12 Nov 2021 03:50 |
Last Modified: | 12 Nov 2021 03:50 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/23099 |
Actions (login required)
View Item |