PENGEMBANGAN MEDIA ANIMASI BERBASIS MULTIPEL REPRESENTASI PADA PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROM MATERI SISTEM KOLOID

NURUL ZAIZATU MUSDALIFAH, 12212173044 (2021) PENGEMBANGAN MEDIA ANIMASI BERBASIS MULTIPEL REPRESENTASI PADA PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROM MATERI SISTEM KOLOID. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (921kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (171kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (155kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (261kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (360kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (310kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB V.pdf

Download (175kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (185kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi berjudul “Pengembangan Media Animasi Berbasis Multipel Representasi pada Pembelajaran Flipped Classroom Materi Sistem Koloid” ini ditulis oleh Nurul Zaizatu Musdalifah, NIM. 12212173044, dengan pembimbing Ali Amirul Mu’minin, M.Pd. Kata kunci : Video Animasi, Mutipel Representasi, Flipped Classroom, Sistem Koloid Pembelajaran kimia khususnya materi sistem koloid seringkali dianggap sulit oleh siswa karena berisikan konsep-konsep yang bersifat abstrak, sehingga dalam penyampaian materinya diperlukan penjelasan melalui tiga level representasi dalam kimia yang meliputi representasi makroskopik, submikroskopik, dan simbolik atau dikenal dengan istilah multipel representasi. Selain itu, materi sistem koloid berisikan banyak teori-teori yang berkaitan dengan fenomena level submikroskopik dalam kehidupan sehari-hari, sehingga dalam mempelajarinya memerlukan metode dan media pembelajaran yang tepat. Salah satu metode pembelajaran yang efektif adalah pembelajaran flipped classroom, dimana siswa cenderung lebih banyak belajar materi di rumah sebelum pembelajaran interaktif di kelas dilaksanakan serta didukung dengan media pembelajaran yang efektif dan praktis. Berdasarkan hal tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan suatu Video Animasi Berbasis Multipel Representasi pada Pembelajaran Flipped Classroom Materi Sistem Koloid yang dapat dijadikan fasilitas belajar secara mandiri oleh siswa, serta menguji kelayakan video animasi berdasarkan kevalidan dan respon siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan model penelitian 4-D yang dimodifikasi menjadi 3-D, tahapan-tahapannya meliputi tahap pendefinisian (define), tahap perancangan (design), dan tahap pengembangan (develop). Produk video animasi yang telah dikembangkan kemudian divalidasi oleh validator sebanyak tiga orang yang terdiri dari dua dosen pendidikan kimia dan satu orang guru pengampu mata pelajaran kimia untuk diuji kelayakannya baik dari segi muatan materi maupun tampilan medianya. Video animasi kemudian direvisi kembali sesuai dengan beberapa saran dari para validator. Selanjutnya, video animasi yang telah direvisi diujicobakan dalam kelompok kecil dengan menggunakan angket respon siswa. Video Animasi Berbasis Multipel Representasi pada Pembelajaran Flipped Classroom Materi Sistem Koloid yang dikembangkan peneliti memenuhi kriteria kelayakan baik dari segi materi maupun media dengan hasil persentase rata-rata berturut-turut sebesar 82% dan 83% termasuk dalam kategori sangat layak. Sedangkan untuk hasil uji coba kelompok kecil mendapat respon positif dari siswa dengan persentase rata-rata sebesar 85% dengan kategori sangat baik. Dengan demikian, video animasi yang dikembangkan ini layak diimplementasikan dalam kegiatan pembelajaran materi sistem koloid melalui pembelajaran flipped classroom.

Item Type: Skripsi
Subjects: Kimia
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Kimia
Depositing User: S1 12212173044 NURUL ZAIZATU MUSDALIFAH
Date Deposited: 29 Nov 2021 06:25
Last Modified: 29 Nov 2021 06:25
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/23100

Actions (login required)

View Item View Item